-->

★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Arti SE Pada Motor



Arti SE Pada Motor


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai arti SE pada motor.


Ada banyak istilah dan singkatan di dunia ini yang mewarnai bahasa yang digunakan di sekeliling kita.

Singkatan-singkatan tersebut biasanya digunakan sebagai pengkodean yang mana jarang bisa langsung dipahami oleh banyak orang.

Termasuk kami, ada singkatan yang menarik yang pagi ini kami temukan. Singkatan tersebut adalah SE pada dunia sepeda motor.

Apa gerangan SE pada dunia motor? Yang jelas bukan SE yang selama ini kami kenal. Kami sendiri menyandang gelar “SE”.

SE tersebut adalah SE profesi kami yakni sound engineer pada bidang audio recording serta SE pada sektor akademis yakni sarjana ekonomi.

Jadi kalian dapat memanggil kami (saya) sebagai S.E Irvan Maulana, S.E., haha. Nah sudah cukup berbasa-basi dan pengenalan dirinya.

Ada dua makna yang terdapat pada singkatan SE pada motor. Yang pertama adalah SE yang berartikan Special Engine dan yang kedua adalah Special Edition.

Mari kita bahas kedua SE pada dunia motor tersebut secara sedikit lebih dalam.

Special Engine

Special engine merupakan mesin yang spesial. Singkatan SE ini biasanya digunakan pada motor off road misal motocross maupun motor enduro.

Special engine merujuk pada varian motor yang spesial. Biasanya mesin motor yang digunakan adalah motor dengan spesifikasi yang tinggi yang dikhususkan untuk lintasan balap.

Jadi mesin special engine sangat powerfull bila dibandingkan dengan motor yang mesinnya diproduksi secara umum (maksudnya untuk kebutuhan harian).

Meski memiliki spesifikasi yang tinggi, namun ada kekurangan yang terdapat pada mesin SE atau special engine.

Kekurangan tersebut adalah bahwa mesin SE ini cenderung boros baik dari segi konsumsi bahan bakar maupun dari segi perawatan.

Sekedar informasi saja, tiap beberapa puluh kilometer sekali, mesin special engine harus diganti komponen bagian dalamnya karena sudah dipastikan aus.

Baik itu piston, ring piston atau komponen mesin lain. Intinya secara berkala harus diganti dengan part baru.

Hal tersebut tentu berbeda dengan motor dengan mesin yang dibuat untuk keperluan harian yang mana motor dengan spesifikasi mesin harian cenderung lebih awet.

Selain itu, motor dengan label special engine biasanya tidak dilengkapi dengan STNK. Bukan karena motor ilegal, sekali lagi kami katakan bahwa biasanya motor special engine diperuntukan untuk lintasan dan bukan untuk penggunaan di jalan raya.

Oleh sebab itu motor dengan label special engine tidak dilengkapi dengan perlengkapan berkendara seperti lampu depan, lampu sein, lampu rem, klakson, hingga kaca spion.

Oleh sebab itu biasanya motor special engine tidak dibuatkan STNK-nya. Jadi jangan berharap motor special engine dapat digunakan di jalan raya. Namun untuk BPKB tetap dibuatkan kok hehe.

Special Edition

Yang kedua adalah special edition. Motor dengan label SE (special edition) merupakan motor yang spesial namun maknanya lebih luas daripada motor special engine.

Special engine dapat dikatakan sebagai motor yang special edition, namun tidak semua motor dengan label special edition adalah motor yang special engine.

Secara umum, motor special edition biasanya merujuk pada motor yang memiliki (spesifikasi) fitur atau warna yang berbeda.

Misal motor dari Yamaha dan Honda yang dilabeli dengan special edition yang memiliki livery mirip dengan livery pada ajang balap Motogp (meski namanya kadang tidak special edition dan diganti dengan nama lain misal motogp edition atau repsol edition).

Atau motor yang dilabeli dengan special edition yang ternyata memiliki kelebihan fitur misalnya memiliki fitur bagasi yang lebih luas, atau beberapa fitur lain yang berbeda dengan motor yang non-special edition.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript