-->

★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Ukuran Gear Standar Vixion Lightning


 
Ukuran Gear Standar Vixion Lightning
Sumber: id.wikipedia.org


Satupiston.com – Assalamu’alaikum, kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai ukuran gear standar dari Yamaha Vixion Lightning.


Yamaha Vixion Lightning merupakan sepeda motor sport naked berkubikasi 150 cc dari Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Yamaha Vixion Lightning juga merupakan generasi ketiga dari sejarah Vixion yang mana dirilis sekitar tahun 2012-2014 dan secara resmi menggantikan Vixion terdahulunya.

Banyak yang berubah dari sisi penampilan dan beberapa part antara Vixion generasi lama dan generasi Lightning.

Termasuk salah satunya adalah pada urusan gearset, dimana final gear pada Yamaha Vixion Lightning ternyata memiliki perbedaan dengan final gear Yamaha Vixion lawas.

Perbedaan tersebut terdapat pada rasio dan ukuran dari final gear Vixion Lightning itu sendiri. Dimana Vixion Lightning memiliki ukuran gear belakang yang lebih besar dari gear belakang Vixion lawas.

Lalu berapa ukuran gear standar dari Yamaha Vixion Lightning?

Yamaha Vixion Lightning memiliki ukuran gear depan 14 mata dan gear belakang berukuran 43 mata.

Ukuran tersebut sedikit berbeda dengan Vixion terdahulu, dimana Vixion sebelum generasi Lightning menggunakan gear depan berukuran 14 mata dan untuk gear belakang berukuran 42 mata.

Bila kita hitung rasio dari final gear Yamaha Vixion Lightning dan Yamaha Vixion lawas, maka kurang lebih begini hasilnya:

Rasio Final Gear Vixion Lightning:

43 : 14 = 3.07

Rasio Final Gear Vixion Lawas Sebelum Vixion Lightning:

42 : 14 = 3

Secara karakter bagaimana antara ukuran dan rasio gear dari Vixion Lightning dan Vixion lawas? Secara umum tidak jauh berbeda, hanya saja prinsip dari rasio gear adalah semakin besar “angkanya” maka akan semakin galak pada putaran bawah namun akan melempem pada putaran atas, begitu juga sebaliknya.

Jadi karena hasil rasio final gear dari Vixion Lightning adalah 3.07 sedangkan Vixion lawas hasilnya adalah 3, maka dapat dikatakan Vixion  Lightning lebih galak pada putaran bawah, namun jika urusan panjang nafas, maka Vixion lawas lebih unggul.

Tetapi RATIO FINAL GEAR tidak dapat dijadikan patokan karakter sepeda motor  sepenuhnya, perlu dihitung juga bagaimana karakter mesin dan beberapa hal lain.

Jadi final ratio gear hanya salah satu faktor saja dan masih banyak faktor lain yang bisa jadi mempengaruhi karakter dari sebuah motor.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript