-->

★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Efek Mencabut Aki Pada Motor Yamaha Byson



Efek Mencabut Aki Pada Motor Yamaha Byson


Satupiston.com – Assalamu’alaikum, kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai efek mencabut aki pada motor Yamaha Byson.


Aki atau accu biasanya merupakan komponen wajib pada sepeda motor, terutama bagi sepeda motor yang menganut sistem listrik DC seperti Yamaha Byson.

Sistem listrik DC atau searah biasanya ditandai dengan penggunaan listrik yang sepenuhnya berasal dari aki.

Jadi aki benar-benar bertugas sebagai media penampungan daya listrik hasil dari spull yang dikonvert oleh kiprok dan kemudian aki menyalurkan daya listrik tersebut pada tiap part sepeda motor yang membutuhkan.

Ciri-ciri sepeda motor dengan sistem kelistrikan DC biasanya adalah ditandai dengan lampu depan yang langsung terang benderang saat kunci kontak dalam posisi on. Lampu tersebut akan tetap menyala dan standby, walaupun mesin tidak hidup.

Jadi jika kita perhatikan ada sepeda motor yang ketika kunci kontak on, lampu depannya tidak ikut menyala padahal saklar lampu sudah dinyalakan. Lampu depan baru menyala ketika mesin sepeda motor hidup, nah itulah sistem listrik AC pada motor.

Sedangkan sistem DC biasanya membuat lampu depan menjadi standby baik mesin menyala ataupun tidak.

Nah banyak kasus pengguna Byson yang memodifikasi agar bagian tengahnya kosong dan mengubah posisi aki pada bagian daerah tangki. Namun ada pula yang “membuang” aki dengan tidak dipasangkan pada Byson.

Selain kisah di atas, ternyata ada juga yang akinya sudah drop dan soak, namun si pemilik malah memilih untuk melepas dan tidak memasangkan akinya pada sepeda motor.

Apa dampaknya melepas aki pada Yamaha Byson yang menggunakan sistem kelistrikan DC?

Aki yang dilepas pada Yamaha Byson berpotensi membuat kiprok dan spul hangus. Jika aki soak atau drop lebih baik tetap disimpan pada motor seperti biasanya. Lebih baik lagi ganti dengan aki baru.

Sekedar informasi, karena spull dan kiprok bertugas menyuplai aki, maka jika akinya dilepas, “tujuan” dari spull dan kiprok akan hilang.

Hal tersebut berpotensi membuat kiprok dan spull menjadi mudah cepat panas dan berpotensi hangus terbakar.

Memang komponen listrik masih tetap bisa menyala, namun dampak yang diakibatkan akan cukup besar.

Setidaknya jika spull dan kiprok belum terbakar, ada kemungkinan bagian lampu akan ikut hangus juga karena terlalu panas.

Jika aki memang soak lebih baik ganti baru saja. Sekedar informasi, selama aki kita tidak drop parah maka sistem spull dan kiprok akan tetap mengisi pada aki.

Hal tersebut memang terjadi pada Byson kami, dimana aki akan otomatis mengisi walau awalnya kekurangan daya. Dengan catatan komponen spull dan kiprok serta akinya normal.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript