★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Pasang Lampu Proji Pada Motor Bikin Aki Jadi Mudah Tekor?



Pasang Lampu Proji Pada Motor Bikin Aki Jadi Mudah Tekor?


Satupiston.com – Assalamu’alaikum, kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai masalah lampu proji yang dipasang pada sepeda motor.


Sob, bagi kalian yang merasa bosan dengan tampilan lampu sepeda motor dan merasa jengkel karena lampu pada sepeda motornya sering mati atau putus, pasti pernah terbesit bukan untuk mengganti lampu sepeda motornya pada lampu proji?

Jika tidak pernah terbesit, mungkin belum hehe. Nah lampu proji ini menurut kami memiliki beberapa kelebihan dan beberapa kekurangan.

Salah satu kelebihannya adalah sorot cahayanya yang cenderung lebih terfokus dan lebih terang ketimbang lampu Led biasa. Namun ada juga kekurangannya, salah satu kekurangan yang masih menjadi mitos adalah mengenai penggunaan daya dari lampu proji yang dinilai membuat aki mudah tekor, benarkah?

Di pasaran, lampu proji untuk motor ada beragam rupa dan harganya. Mulai dari lampu proji Led biasa yang dibanderol mulai dari puluhan ribu, hingga lampu proji HID yang dibanderol hingga jutaan rupiah.

Ada rupa ada harga, kurang lebih begitu untuk menggambarkan kedua jenis lampu yang kami sebutkan di atas.

Kami sendiri memasang dua lampu proji Led pada sepeda motor modifikasi kami, sebetulnya ini merupakan bonus dari pembelian full fairing fiberglass. Jadi saat kami membeli lampu full fairing untuk Yamaha Byson, ternyata sudah termasuk dua buah lampu proji Led.

Dari pengamatan kami, lampu proji Led ini memiliki watt yang kecil namun entah bagaimana ceritanya mampu membuat daya pada aki sepeda motor kami mudah sekali tekor atau habis.

Sebagai informasi, lampu proji Led kami kalau tidak salah bermerekan CR7 hehe, lampu proji yang tidak mahal dan cenderung murahan.

Mungkin alasan mengapa aki menjadi mudah tekor saat memasang lampu proji Led adalah karena kami memasang dua lampu pada sepeda motor yang standarnya memasang satu lampu.

Tapi tunggu dulu, setelah kami cek menggunakan voltmeter, tegangan yang dibutuhkan untuk menyalakan lampu proji Led adalah sebesar 0,2 volt - 0,4 volt untuk satu buah lampunya.

Jadi wajar saja sih jika membuat aki motor menjadi mudah tekor atau habis. Sekedar informasi, aki pada sepeda motor yang normal idealnya berada di angka 12 volt saat mesin dalam keadaan mati dan 14 volt saat mesin dalam keadaan hidup.

Jadi dapat disimpulkan bahwa memang lampu proji Led yang kami miliki membutuhkan daya watt yang lebih kecil dari lampu bawaan motor kami, tetapi membutuhkan tegangan yang lebih besar dari lampu bawaan motor kami.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Tags:
Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript