-->

★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Motor Belum Lunas Tapi Malah Hilang ? Apakah Masih Wajib Membayar Angsuran ?

 

Motor Belum Lunas Tapi Malah Hilang ? Apakah Masih Wajib Membayar Angsuran ?


Satupiston.com – Assalamu’alaikum, kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai suatu problema yang nampaknya dialami beberapa orang.

 

Kemudahan dalam membeli sepeda motor sekarang menjadi terasa setelah banyak perusahaan finance yang mau membiayai proses jual beli secara angsur atau kredit.

 

Sebut saja perusahaan seperti FIF dan Adira yang nyatanya memberikan jasa kredit untuk kendaraan bermotor termasuk sepeda motor.

 

Bagi masyarakat yang ingin memiliki sepeda motor namun terkendala dengan terbatasnya biaya, mungkin akan berfikir untuk membeli sepeda motor secara angsur atau kredit dan mengajukan kredit pada lembaga yang sudah disebutkan di atas.

 

Berbekal dengan persyaratan yang cenderung tidak begitu sulit, kita sudah dapat membawa pulang sepeda motor yang diinginkan dengan catatan masih belum lunas hehe.

 

Masalah datang saat di tengah angsuran sepeda motor kita hilang karena dicuri atau terkena begal, apa yang akan terjadi? Apakah kita masih diwajibkan membayarkan sisa angsuran atau sisa utang pada lembaga finance atau leasing?

 

Berita buruknya adalah kami punya teman yang kebetulan mengalami nasib seperti kronologi di atas, dimana sepeda motor metik yang diangsurnya hilang dicuri orang tepat di depan rumahnya.

 

Wah benar-benar nasib yang kurang mengenakan yang harus diterima oleh teman kami. Singkatnya sepeda motor tersebut masih diangsur dan belum lunas secara keseluruhan.

 

Kami lupa detail sisa angsurannya, namun kami masih ingat tentang nasib sisa angsurannya. Singkatnya, teman kami mengurus surat kehilangan pada kantor polisi terdekat dan melaporkan tindakan pencurian sepeda motor yang terjadi di depan rumahnya tersebut.

 

Berbekal modal surat kehilangan dan beberapa berkas lain, kawan kami berangkat ke leasing yang bersangkutan dan mengadukan kehilangan sepeda motor yang masih diangsurnya.

 

Setelah melakukan pelaporan, akhirnya pihak leasing memberikan keringanan yakni penghapusan sisa angsuran dan teman kami diberi sedikit nominal uang.

 

Nah kesimpulannya adalah bahwa ternyata jika sepeda motor kita hilang saat belum lunas angsurannya, ternyata pihak leasing pun bisa memberikan keringanan.

 

Namun yang patut digaris bawahi adalah bahwa mungkin kebijakan dari pihak leasing akan berbeda-beda. Mungkin tidak semua leasing akan menghapuskan sisa angsuran mungkin juga ada yang sama sekali tidak memberi keringanan.

 

Tetapi yang perlu dicatat adalah apabila kita kehilangan kendaraan bermotor disaat angsuran masih  belum lunas, maka yang harus pertama kali dilakukan adalah melakukan pelaporan pada pihak berwajib untuk selanjutnya melapor pada pihak leasing.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.


Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript