★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Letak Nomor Rangka dan Nomor Mesin Jupiter MX



Letak nomor rangka terletak di belakang area bawah jok, sedangkan nomor mesin berada di bagian blok mesin bagian kiri dekat dengan area perseneling.

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai letak nomor rangka dan nomor mesin dari Jupiter MX.


Jupiter MX merupakan motor dari Yamaha yang seri terakhirnya dibekali dengan mesin dengan kubikasi 135 cc.

Jupiter MX ini sekarang telah tidak diproduksi dan eksistensinya digantikan oleh Yamaha MX King yang bermodalkan kubikasi mesin dengan kapasitas 150 cc.

Bicara soal nomor rangka dan nomor mesin, penting kiranya untuk mengetahui letak nomor rangka dan nomor mesin dari suatu sepeda motor, terlebih apabila sepeda motor tersebut merupakan sepeda motor milik kita.

Kenapa demikian? Hal tersebut karena tiap lima tahun sekali tiap kita ganti plat nomor di Samsat, kita harus melakukan cek fisik pada sepeda motor yang salah satu cek fisiknya adalah menyamakan nomor rangka dan nomor mesin pada sepeda motor dengan nomor rangka dan nomor mesin pada surat-surat kendaraan bermotor.

Oleh karena itu, selain untuk mempermudah kita dalam cek fisik, mengetahui letak nomor rangka dan nomor mesin juga berguna untuk kita agar kita tidak melakukan hal-hal yang membuat motor kita jadi bermasalah secara administrasi, misal tidak sengaja menghapus nomor rangka dan nomor mesin karena terpotong atau karena alasan lainnya.

Kembali lagi pada pembahasan yakni letak nomor rangka dan nomor mesin dari Jupiter MX. Letak nomor rangka terletak di belakang area bawah jok, sedangkan nomor mesin berada di bagian blok mesin bagian kiri dekat dengan area perseneling.

Nomor rangka dan nomor mesin biasanya merupakan gabungan dari beberapa huruf dan angka, oleh sebab itu jika ada gabungan huruf dan angka pada bagian yang telah disebutkan di atas, maka patut dicurigai bahwa itu merupakan nomor mesin dan nomor rangka.

Nomor rangka pada Jupiter MX akan terletak tepat di bawah besi rangka yang menopang jok area belakang.

Sedangkan nomor mesin letaknya cukup sulit dijangkau, hal tersebut karena terhalang oleh bagian bodi dari Jupiter MX. Oleh sebab itu jika kita hendak melakukan pengecekan nomor mesin, ada baiknya bagian bodi bawah dari Jupiter MX dilepas terlebih dahulu.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Tags:
Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript