-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Kapasitas Oli Mesin Honda Sonic 150R



Kapasitas Oli Mesin Honda Sonic 150R


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai kapasitas oli mesin Honda Sonic 150R.


Honda Sonic 150R merupakan motor kedua dari Honda setelah sebelumnya pabrikan Honda juga meluncurkan motor ayam jago dengan nama Sonic namun dengan kubikasi di bawah 150 cc.

Jika kami tidak salah, kemunculan New Sonic 150R terjadi pada tahun 2015 dan kebetulan juga kami berhasil membeli Honda Sonic 150R di awal kemunculannya tersebut.


Honda Sonic 150R dibekali dengan mesin DOHC berkubikasi 150 cc. Dengan mesin yang powerfull diputaran bawah, tak ayal membuat Honda Sonic 150R banyak diminati diawal kemunculannya kembali tersebut.

Bahkan penjualan dari Honda Sonic 150R sukses menerjang kedigdayaan penjualan dari Suzuki Satria F150.

Nah kembali lagi pada topik awal pembahasan mengenai kapasitas oli mesin dari Honda Sonic 150R.

Mesin dari Honda Sonic 150R identik dengan saudaranya yakni Honda CBR 150R dan Honda CB150R. Meski tipe mesinnya berbeda, namun ketiganya memiliki beberapa part yang bisa saling ditukarkan salah satunya adalah rantai keteng dan kampas kopling.

Untuk urusan kapitas oli, Honda Sonic 150R harus dijejali dengan oli dengan kapasitas 1,1 Liter.

Kapasitas yang jarang dijual secara umum memang, karena biasanya produsen oli menjual oli dengan kemasan 0,8 L, 1 L, hingga 1,2 L (untuk takaran 1,2 L masih terbilang jarang).

Untuk mengakalinya, kita bisa membeli dua oli berkapasitas 0,8 L atau 1 L lalu kemudian dengan hitungan tertentu kita masukan oli tersebut dengan kapasitas 1,1 L.

Apakah oli mesin dari Honda Sonic 150R bisa menggunakan oli dengan takaran 1 Liter? Jawabannya adalah bisa dengan catatan kita sudah siap untuk mengalami banyak potensi kerusakan pada mesin.

Lalu apakah oli mesin dari Honda Sonic 150R bisa menggunakan oli dengan takaran 1,2 Liter? Jawabannya adalah bisa namun tetap tidak direkomendasikan. Namun bila kita bandingkan dengan kekurangan oli, maka kelebihan oli dengan takaran 0,1 Liter lebih baik daripada kekurangan oli dengan takaran 0,1 Liter.

Pada beberapa motor lain seperti Yamaha Byson, kelebihan oli pada mesin biasanya akan diatasi dengan disalurkannya oli berlebih pada bagian filter udara.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript