-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Ini Salah Satu Dampak Buruk Menggunakan Ban Cacing



Satupiston.com – Assalamu’alaikum, kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai salah satu dampak buruk menggunakan ban cacing pada sepeda motor.


Ban cacing merupakan ban yang sangat tipis dari segi diamter tapak velg motor. Idealnya pabrikan motor telah menentukan ukuran ban standar pada tiap jenis motor yang telah diproduksi.

Misalnya saja ban depan dari Yamaha Byson karbu yang berukuran 100/80 dengan ring 17 inchi.

Nah karena ada aliran modifikasi thailook yang diduga kental akan gaya minimalis termasuk pada ukuran ban dan velg (meski tidak semuanya demikian), maka tak heran jika ada banyak pengguna sepeda motor di Indonesia yang menggunakan ban super tipis pada velg motornya.

Alih-alih mendongkrak performa pada segi handling motor, nyatanya penggunaan ban  cacing pada motor justru membuat downgrade pada sektor handling, terutama bagi yang motornya digunakan untuk kebutuhan harian.

Ban cacing kurang enak untuk digunakan pada jalanan berkelok dan dari segi pengereman pun mudah sekali slip. Serta jangan lupa juga, untuk jalanan berbatu dan banyak goncangan, ban cacing mudah sekali bocor (ini pernah kami alami).

Selain dampak buruk di atas, ada beberapa dampak buruk lain yang bisa jadi menjadi dilematis bagi pengguna ban cacing.

Apakah itu? Simak gambar di bawah ini.

Ini Salah Satu Dampak Buruk Menggunakan Ban Cacing
Sumber: Facebook/ Numero Uno

Terlihat salah satu motor 2 tak 150 cc legendaris dari Kawasaki mengalami hal yang kurang mengenakan saat menggunakan ban cacing.

Hal apakah itu? Hal tersebut adalah ban cacing yang masuk dan tersangkut pada sela-sela besi tralis pada saluran air di jalan.

Besi tralis yang menutup saluran air atau parit seperti itu banyak digunakan di perkotaan hingga pedesaan. Jarak antar besinya pun bervariatif, namun yang jelas jika ban cacing yang digunakan terlampau tipis, maka siap-siap saja tersangkut pada besi tersebut jika masih nekat melintas di atas besi tersebut.

Nah bagaimana sob????? Menurut kalian apakah ban cacing itu aman?? Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript