★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Tips Pasang Handgrip Pada Stang Motor

Tips Pasang Handgrip Pada Stang Motor
Sumber: blibli.com


Satupiston.com – Assalamu’alaikum, kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai tips pasang handgrip pada stang sepeda motor.


Sob, handgrip merupakan sepasang karet yang terdapat pada kedua bilah stang sepeda motor, untuk penjelasan lebih lanjut mengenai definisi handgrip, silahkan baca artikelnya di sini.

Salah satu modifikasi kecil-kecilan yang sering dilakukan oleh bikers adalah mengganti handgrip bawaan motornya ke handgrip aftermarket yang tersedia dengan berbagai macam model di pasaran.

Ya alasan utama perggantian handgrip standar motor adalah karena handgrip  standar motor biasanya bermodel yang biasa-biasa saja, meskipun secara kegunaan tetap memiliki kegunaan sebagai pijakan tangan dalam memegang stang motor.

Terlepas dari alasan apapun dalam mengganti handgrip, rupanya mengganti handgrip tidaklah semudah apa yang sebagian orang kira.

Kenapa? Ya karena susah wkwk terlebih dalam hal membukanya. Biasanya untuk motor yang masih perawan ting-ting, untuk membuka bandul atau jalunya pun akan susah.

Untuk membuka jalu atau bandulnya memang kita perlu sedikit memukul-mukul bandul atau jalunya supaya lem pada bagian baut bandul atau jalu retak dan mudah terlepas.

Kemudian untuk membuka handgrip standar kita harus sedikit lebih ulet, karena yang namanya membuka karet dari besi memang sedikit lebih susah.

Kita anggap tahap pembukaannya sudah selesai dan kita masuk pada pemasangan handgrip motor aftermarket.

Ada banyak jenis handgrip aftermarket atau variasi di pasaran, mulai dari yang soft, medium, hingga yang hard.

Sekedar saran, gunakan yang medium karena dipandang cukup kuat dan tetap nyaman digunakan.

Handgrip soft memang empuk, namun cenderung mudah sobek, sedangkan handgrip hard terbukti awet namun tidak nyaman untuk digunakan.

Lanjut ke tahap pemasangan, hal terpenting pada tahap ini adalah dengan memasukan sedikit air sabun (air yang diberi sabun colek atau air yang dicampur sabun cair pencuci piring) pada bagian lubang dalam handgrip.

Untuk apa sih pakai air sabun? Gunanya adalah untuk membuat handgrip tidak keset dan seret saat dimasukan pada stang jadi ada licin-licinnya.

Tetapi jangan salah, ketika nanti sabunnya mengering, handgrip akan terpasang dengan normal kembali pada stang dan tidak licin.

Sebagai tips tambahan, perhatikan juga jenis handgrip yang hendak dibeli. Jangan sampai salah dalam membeli handgrip. Soalnya banyak handgrip yang berbeda-beda modelnya, mulai dari handgrip yang tidak ada lubang luarnya, hingga handgrip yang terlalu pendek.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Tags:
Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript