★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Perbedaan CDI BRT Asli dan CDI BRT Palsu


 
Perbedaan CDI BRT Asli dan CDI BRT Palsu
Sumber: bukalapak

Satupiston.com – Assalamu’alaikum, kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan dari CDI BRT asli dan CDI BRT palsu.


CDI merupakan singkatan dari Capacitor Discharge Ignition. Bila diterjemahkan, Capacitor Discharge Ignition artinya adalah Kapasitor Pelepasan Pengapian (bila diterjemahkan secara bebas mungkin maksudnya adalah kapasitor pelepas api). Sesuai dengan artinya tersebut, CDI merupakan manajemen pengapian pada kendaraan bermotor.

Secara sederhana, CDI atau Capacitor Discharge Ignition berfungsi sebagai pengatur (manage) pengapian pada koil lalu menuju busi. Capacitor Discharge Ignition akan memercikan api pada koil dan busi berdasarkan timing atau waktu dan posisi tertentu.

Mengingat fungsi dari CDI cukup vital, maka tidak jarang banyak pengguna motor yang mengganti CDI standarnya ke CDI racing aftermarket.

Salah satu produsen CDI racing aftermarket adalah BRT. BRT atau Bintang Racing Team merupakan produsen lokal ternama yang menawarkan beberapa CDI aftermarket yang diperuntukan untuk beberapa motor.

CDI dari produsen Bogor ini kerap kali dipercaya menjadi part untuk ajang balap hingga untuk keperluan harian.

Harganya bisa dibilang cukup sebanding, ya tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah. Untuk mendapatkan CDI BRT racing ini kalian bisa mencarinya di toko online hingga ke situs resminya yakni www.bintangracingteam.com.

Kalian hanya tinggal mencari CDI aftermarket untuk motor kalian kemudian tinggal membelinya. Namun ternyata CDI BRT ini sudah banyak dipalsukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Tentunya aksi pemalsuan CDI BRT ini merugikan pihak produsen serta pihak konsumen. Nah untuk kalian yang hendak membeli CDI BRT, tidak ada salahnya untuk  membaca beberapa perbedaan antara CDI BRT asli dan CDI BRT palsu.

1. Bagian Kemasan


Pada bagian kemasan CDI BRT yang asli, ada kode nomor yang mana kode tersebut akan berbeda-beda antara satu kemasan dengan kemasan yang lainnya. Kemasan CDI BRT palsu tidak ada kode tersebut. Bahkan tak jarang mungkin CDI BRT palsu hanya akan dikirim menggunakan kemasan kardus cokelat polos.

2. Bagian Soket


Soket atau sambungan kabel merupakan bagian yang harus dicek apabila hendak membedakan antara CDI BRT asli atau palsu. CDI BRT Dual Band asli memiliki tiga lampu LED berwarna merah untuk power supply, sedangkan untuk tipe CDI BRT asli lain menggunakan warna biru. Untuk CDI BRT palsu hanya memiliki kurang dari tiga lampu LED.

3. Bagian CDI


CDI BRT asli memiliki warna hitam karbon halus (tidak kontras), sedangkan yang palsu berwana hitam karbon dengan corak putih kotak (kontras). Selain itu, pada bagian bodi CDI BRT yang asli terdapat beberapa keterangan seperti nomor CDI, tanggal produksi, peruntukan untuk motor apa, serta dari mana CDI BRT itu dibuat. Sedangkan untuk CDI BRT palsu tidak mencantumkan keterangan apapun.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript