★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Ganti Halu-Halu Motor, Rem Cakram Malah Jadi Ngelos



Ganti Halu-Halu Motor, Rem Cakram Malah Jadi Ngelos


Satupiston.com - Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai ganti halu-halu motor, rem cakram bagian depan malah jadi ngelos kenapa ya???


Sob, nasib kurang mengenakan menimpa salah satu rekan kami yang beberapa waktu lalu menghubungi kami via WhatsApp.

Pada aplikasi chat tersebut, rekan kami menanyakan suatu hal pada kami mengenai keluhan motornya.

Keluhan tersebut adalah mengenai bagian cakram depan motor Kawasaki KLX 150-nya yang mengalami blong atau ngelos.

Setelah kami tanyai lebih lanjut, rupanya kejadian tersebut terjadi setelah ia mengganti shock depan atau halu-halu Kawasaki KLX-nya ke halu-halu aftermarket dengan ukuran yang lebih tinggi dan lebih besar.

Nah setelah ia memasangkan kembali, rupanya terjadi masalah yakni bagian rem depan yang malah ngelos pada handle atau tuasnya namun tetap mencengkram pada bagian kalipernya.

Seketika kami langsung meminta ia untuk memfotokan bagian kabelnya, karena kami yakin ada angin palsu yang disebabkan oleh kabel yang terjepit atau karena perlakukan pada sistem rem depan yang kurang benar ketika mencopot halu-halu dan memasangnya kembali.

Ganti Halu-Halu Motor, Rem Cakram Malah Jadi Ngelos


Sebagai informasi saja sob, sistem rem cakram tidak boleh diletakan atau diposisikan dengan sembarangan. Jadi ketika sistem rem cakram tengah dilepas, jangan sampai posisikan kaliper berada di atas cup atau wadah minyak rem.

Hal tersebut dapat menyebabkan minyak rem turun ke arah cup atau wadah minyak rem dan membuat area kaliper yang harusnya padat dengan minyak malah menjadi berkurang minyaknya (itulah sebabnya kenapa wadah minyak rem posisinya di atas).

Karena posisi sistem rem mulai dari wadah hingga kaliper rem sifatnya vakum, maka tak jarang ketika sistem rem diposisikan normal kembali (wadah minyak rem di atas dan kaliper di bawah), yang terjadi adalah sistem rem ngelos karena ada udara atau angin yang terjebak di antara bagian kabel rem (selang rem) hingga pada bagian kaliper rem.

Untuk mengatasi hal tersebut, kami minta rekan kami untuk mencopot tiap breket atau dudukan yang mengingat kabel rem.

Kami minta luruskan kabel remnya dan jangan diselingkan dan ditempel pada bagian dudukan pada halu-halu motor dulu.

Setelah dilakukan, ternyata rem masih enggan normal. Maka kami berikan saran lebih lanjut yakni membuang angin palsu pada sistem cakram Kawasaki KLX-nya.

Ganti Halu-Halu Motor, Rem Cakram Malah Jadi Ngelos


Kami suruh “kocok” tuas remnya beberapa kali kemudian tahan dan buka baut pembuangan angin pada bagian kaliper rem.

Hasilnya bagaimana??? Hasilnya adalah rem jadi ngelos dan kaliper tidak mencengkram. Berbeda dengan sebelumnya yang ngelos pada tuas rem namun pada bagian kaliper mencengkram piringan.

Itu bagus karena sistem rem cakramnya sudah mulai normal kembali. Kami suruh rekan kami untuk melakukan hal tersebut berulang-ulang. Karena untuk menghilangkan angin palsu pada sistem cakram cukup sulit untuk dilakukan jika hanya dengan satu kali percobaan, apalagi dilakukan dengan cara manual dan bukan menggunakan mesin.

Namun karena waktu itu sudah malam dan rekan kami terkendala pada pemahaman soal seluk-beluk motor, maka ia berencana untuk datang ke rumah kami pada esok hari.

Kami pun setuju, namun dengan catatan berikan jam pastinya hehe karena kami punya pola tidur yang berbeda.

Esoknya rekan kami tidak jadi ke rumah karena kami tidak ada kabar (sedang tidur) dan beruntungnya ada paman dari rekan kami yang mau memperbaiki keluhan sistem cakram Kawasaki KLX 150-nya.

Singkat cerita sistem cakram  dari motornya pun normal kembali dengan perbaikan yang serupa dengan apa yang kami berikan.

Tentu gejalanya adalah masuk angin dan untuk memperbaikinya pun perlu minyak rem ekstra serta kesabaran yang luar biasa.

Karena untuk membuat minyak rem padat di sistem rem itu luar biasa cukup susah. Nah artikel ini kami akhiri sampai di sini, semoga kalian bisa mengambil manfaat yang tersirat pada artikel semi curhatan ini. Sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript