-->

★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Efek Buruk Kekurangan Takaran Oli Pada Motor



 1. Mesin jadi mudah panas karena mesin kekurangan oli dan lubrikasi.  2. Sistem kopling rawan cepat aus.  3. Ring pistong rawan aus karena kekurangan suplai oli.  4. Akselerasi motor kurang enak.  5.. Nafas motor kurang panjang karena mesin cepat panas dan meraung.


Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai efek buruk kekurangan takaran oli pada motor.


Sob, sekarang sepeda motor yang dipasarkan di Indonesia sudah sangat berkembang dan bervariatif.

Perkembangan tersebut bukan hanya muncul pada desain dan beberapa fitur, namun dari segi performa dan spesifikasi pun sudah banyak yang berubah dari banyaknya motor yang dijual di Indonesia.

Nah bila kami perhatikan, ada beberapa hal yang membuat kami menulis artikel ini. Salah satunya adalah spesifikasi dari mesin motor zaman sekarang.

Yang mana spesifikasi mesin tersebut tak jarang harus ditunjang dengan  takarang oli yang cenderung sedikit nanggung.

Contohnya saja mesin dari beberapa sepeda motor yang takaran olinya membutuhkan 1,2 liter hingga 1,3 liter oli.

Cukup nanggung bukan?? Masalahnya hanya sedikit produsen yang menyediakan oli dengan takaran 1,3 liter atau 1,2 liter (untuk yang 1,2 liter ada beberapa produsen yang menyediakan).

Nah untuk mengakali terpenuhinya oli dengan takaran yang nanggung tersebut (biasanya oli pada motor yang umum dijumpai adalah yang berjumlah 0.8 liter atau 1 liter), maka biasanya banyak orang membeli dua oli kemudian disatukan agar jumlahnya sesuai.

Namun cara di atas kadang membuat sebagian orang merasa ribet, bahkan kami pernah menemui bengkel yang memberikan oli dengan takaran 1 liter pada motor yang membutuhkan oli 1.1 liter.

Meski hanya 0.1 liter, namun tetap saja saat pertama mengisi oli pada mesin yang baru dibongkar bukanlah hal yang bijak, terlebih tentunya cadangan oli dalam mesin sudah berkurang karena baru saja dibomgkar.

Oleh karenannya ada beberapa efek buru apabila motor yang kita pakai kekurangan takaran olinya. Apa saja?

1. Mesin jadi mudah panas karena mesin kekurangan oli dan lubrikasi.
2. Sistem kopling rawan cepat aus.
3. Ring piston rawan aus karena kekurangan suplai oli.
4. Akselerasi motor kurang enak.
5.. Nafas motor kurang panjang karena mesin cepat panas dan meraung.

Sebetulnya kami ingin sekali menjelaskan satu-persatu poin di atas, namun kami sangat ngantuk sob, maklum hari ini kurang istirahat hehe, jadi jika ada yang kurang jelas silahkan tanyakan saja.

Mungkin lain kali kami akan bahas lebih lengkap pada artikel berikutnya. Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript