★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Cara Membuka Snap Ring Pada Motor



Satupiston.com – Assalamu’alaikum, kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai cara membuka snap ring pada motor.


Sob, snap ring merupakan ring khusus yang disematkan pada beberapa komponen motor. Salah satu tempat yang menggunakan snap ring pada motor biasanya adalah pada tonjokan master rem cakram.

Bukan tanpa alasan, snap ring ini memiliki fungsi sebagai pengunci tanpa mur, jadi penggunaan snap ring ini dapat dikatakan cukup efektif untuk menahan posisi komponen pada motor, terlebih pada posisi yang sulit terjangkau oleh mur.

Cara memasukan snap ring cukup mudah, cukup masukan saja dengan sedikit dikerutkan atau direnggangkan kedua ujung snap ringnya. Namun cara membukanya dapat dikatakan lebih susah dari pada memasukannya.

Nah alat untuk membuka snap ring adalah tang khusus yang ujungnya diperuntukan untuk mengait lubang pada ujung snap ring.

Namun ada kalanya tang khusus tersebut tumpul atau kita tidak memilikinya sama sekali, jadi bagaimana dong???

Sebagai catatan, untuk membuka snap ring kadang kita harus melebarkan ujungnya ataupun mengerutkannya. Hal tersebut tergantung pada kondisi komponen tersebut.

Bila snap ring di tempatkan pada suatu lubang seperti pada tonjokan master rem, maka kita harus kerutkan snap ringnya. Namun jika snap ring ditempatkan pada komponen yang terbuka seperti pada kick starter maka kita harus merenggangkan atau melebarkannya.

Nah kali ini kita coba membuka snap ring menggunakan alat disekitar kita. Coba simak gambar yang telah kami buat di bawah ini.

Cara Membuka Snap Ring Pada Motor

Gambar di atas adalah gambar snap ring dengan ujung berlubang seperti snap ring pada umumnya.

Sedangkan pada gambar di samping snap ring merupakan sebuah benda yang ujungnya tajam.

Sebagai saran, kita dapat gunakan paku yang panjang yang ujungnya bisa masuk ke ujung snap ring, atau menggunakan obeng yang kecil yang sudah dimodifikasi ujungnya menjadi runcing, atau bisa juga menggunakan bekas jarum untuk melakukan sol sepatu.

Bagaimana sudah terbayang? Usahakan punya dua benda runcing tersebut, jadi nantinya dua benda yang ujungnya runcing tersebut akan bertugas mengerutkan atau merenggangkan ujung dari snap ring.

Kami fikir sampai di sini kalian sudah paham ya karena sebenarnya untuk membuka snap ring ini cukup mudah hanya saja memang memerlukan alat khusus dan kesabaran khusus wkwk.

Kami sendiri sering menggunakan cara di atas untuk membuka seal master rem bagian depan yang bocor dan hasilnya memang bisa membuka bagian snap ring.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini. Akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript