★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Apakah Velg Jari-Jari Yang Penyok Dapat Diperbaiki ???

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum, kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai apakah velg jari-jari yang penyok dapat diperbaiki?

 

Tulisan ini kami buat karena kami melihat suatu gambar yang cukup mengerikan, seperti apa gambarnya? Simak di bawah ini:

 

Apakah Velg Jari-Jari Yang Penyok Dapat Diperbaiki ???
Sumber: Facebook/ Putri Anjani


 

Pada gambar di atas, terlihat bahwa velg jari-jari penyok parah tidak karuan sampai ban dalamnya pun ikut menonjol.

 

Diduga kejadian tersebut karena motor menerjang lubang dengan kecepatan tinggi. Sekedar informasi saja sob, velg jari-jari dengan tapak kecil tidak kami rekomendasikan untuk penggunaan harian.

 

Velg dengan ban yang kecil berpotensi membahayakan diri sendiri serta pengendara lain, sehingga tidak salah jika pihak kepolisian pun akan menindak langsung pengendara yang menggunakan “ban cacing” dengan delik membahayakan keselamatan berkendara.

 

Oke kembali lagi pada topik pembahasan mengenai velg jari-jari. Apakah velg jari-jari yang penyok masih bisa diperbaiki?

 

Jawabannya tergantung dari kerusakan serta tergantung bengkel yang menangani. Jika penyoknya masih dalam batas wajar, maka velg masih bisa diperbaiki dengan cara dipres oleh alat pres.

 

Namun perlu dicatat, untuk kasus seperti gambar di atas, maka kemungkinan sudah tidak dapat diperbaiki dengan beberapa alasan.

 

Alasan pertama adalah jika dilihat, bahan dari velg berpotensi akan retak jika dipres secara berlawanan dengan arah penyok.

 

Jika dengan dipres akan menyebabkan keretakan, tentu velg di atas sudah tidak dapat diperbaiki.

 

Bisanya yang dapat dipres merupakan velg standar pabrik dan bukan velg racing atau velg aftermarket.

 

Kenapa? Karena dari segi bahan baku sudah berbeda. Kebanyakan velg aftermarket yang kelas bawah hingga menengah menggunakan bahan alumunium atau CNC yang tipis dan kurang berkualitas.

 

Hasilnya adalah velg jadi rawan penyok serta kemungkinan hanya dapat digunakan sekali pakai. Artinya jika velg racing sudah mengalami kerusakan, maka kita harus berbesar hati untuk ganti baru.

 

Untuk beberapa kerusakan ringan, tentu velg racing termasuk yang jari-jari pun masih dapat diperbaiki. Ingat loh ya yang ringan misal hanya geol dan bukan penyok parah.

 

Tapi kita jangan menyalahkan atau menuduh pabrikan velg racing menciptakan part abal-abal. Hal tersebut karena biasanya pabrikan pun sudah memberikan peringatan dari awal.

 

Misal melabeli velg racing dengan tulisan for race only. Maksudnya adalah velg tersebut diperuntukan hanya untuk keperluan balapan pada jalanan yang mulus dan bukan untuk penggunaan harian yang mana biasanya ketika motor digunakan untuk harian, maka medan jalan pun akan bervariatif.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.


Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Tags:
Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript