★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Letak Bendik Starter Honda Sonic 150



Assalamu’alaikum, kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai letak bendik starter dari Honda Sonic 150.


Sob, bedik starter atau relay starter merupakan salah satu komponen dalam starter motor. Selain bendik, ada spull, dinamo starter, aki, hingga tombol starter itu sendiri yang bertugas untuk membuat motor dapat distarter secara otomatis.

Jadi bendik ini fungsinya untuk melakukan starter secara otomatis melalui tombol di stang kiri, jadi bukan untuk kick starter atau selahan atau engkol.

Bendik merupakan salah satu komponen elektronika pada sepeda motor dan memiliki masa pakai tersendri.

Meski kami belum tahu seberapa jauh masa pakai dari bendik, namun yang jelas, cepat atau lambat bendik starter pada sepeda motor pasti akan rusak juga, terlebih bila sering digunakan.

Ciri-ciri bendik starter rusak adalah dimana kelistrikan normal, klakson berfungsi, lampu berfungsi, tetapi pas pencet tombol starter, motor tidak merespon dan tidak ada suara apa pun.

Pada beberapa kasus memang ada yang hanya cetak-cetek saja, tetapi selanjutnya tombol starter enggan untuk merespon. Selain itu, ciri lain bendik starter rusak adalah ketika kita jumper katup postif dan katup negatif pada bendik, maka seketika motor dapat menyala layaknya kita tengah melakukan starter melalui tombol starter.

Jika bendik sudah rusak, tentu opsi yang kita pilih adalah melakukan pergantian komponen bendik starter itu sendiri.

Untuk bendik Honda Sonic 150, letaknya cukup membuat kita sulit untuk menjangkaunya, karena terletak di belakang aki dan berada di atas blok mesin yang sejajar dengan aki, jadinya kita harus membuka cukup banyak cover bodi.

Letak Bendik Starter Honda Sonic 150


Bila kalian bingung, silahkan telusuri saja komponen yang serupa dengan gambar di bawah ini, mohon maaf gambarnya tidak jelas ya sob, karena pas pergantian bendik, kami tidak sempat foto-foto dengan detail.

Letak Bendik Starter Honda Sonic 150


Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript