★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Katalis Pada Knalpot Motor Tidak Mengurangi Akselerasi Motor, Benarkah?



Katalis Pada Knalpot Motor Tidak Mengurangi Akselerasi Motor, Benarkah?


Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai katalis pada knalpot sepeda motor. Nah sob pada era sekarang yang menekankan efisiensi pada bahan bakar dan emisi gas buang yang ditekan seminim mungkin angkanya, sudah jadi keharusan bagi tiap produsen kendaraan bermotor untuk terus melakukan inovasi hijau.


Inovasi hijau sendiri merupakan kewajiban bagi tiap perusahaan yang bertujuan guna memperbaharui produknya supaya lebih ramah lingkungan.

Teruntuk sepeda motor, biasanya yang akan dilakukan adalah membuat bahan bakar minyak menjadi irit, membuat knalpot dengan tujuan emisi gas buang semakin rendah, hingga membuat sepeda motor yang bebahan bakar minyak jadi motor listrik.

Membuat bahan bakar irit sudah dibuktikan dengan penggunaan motor dengan sistem injeksi, sedangkan knalpot dengan tujuan merendahkan emisi gas buang sudah diaplikasikan pada knalpot dengan tambahan katalis.

Katalis sendiri biasanya merupakan bagian tambahan pada knalpot yang biasanya posisinya berada di tengah knalpot antara header dan silincer.

Banyak yang beranggapan bahwa katalis tidak memiliki pengaruh terhadap performa motor termasuk pengaruh negatif pada akselerasi sepeda motor.

Namun apakah benar demikian? Dari pengalaman kami setelah mengganti leheran knalpot serta silincer knalpot bawaan dari Yamaha Byson ke knalpot aftermarket (knalpotmodel CKD), hasil yang didapat sebetulnya cukup terasa.

Meski kami tidak ukur menggunakan dyno test dan test baku lainnya, namun dari speedometer bawaan dari Yamaha Byson terlihat bahwa akselerasi mudah didapat hingga kecepatan puncak pun mudah diraih.

Hal yang biasanya kami rasakan pada Yamaha Byson dengan knalpot standar adalah ketika gas dibetot, akselerasi dari Yamaha Byson jadi sedikit tertahan, namun ketika mengganti knalpotnya ke knalpot tanpa katalis, rasanya jauh berbeda.

Ketika gas motor dibuka, motor seketika merespon, tidak seperti motor yang masih menggunakan katalis pada knalpot.

Ya mungkin ini secara inovasi hijau merupakan downgrade, namun secara akselerasi ini merupakan upgrade.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.
Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript