-->

★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

IWB Iwanbanaran.com Banyak Dihujat, Kenapa?

IWB Iwan Banaran Banyak Dihujat, Kenapa?
Sumber iwanbanaran.com


Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai salah satu blog sepeda motor Indonesia yang cukup tersohor yakni Iwan Banaran.


Iwan Banaran atau biasa disingkat IWB adalah salah satu blog pribadi yang bertemakan sepeda motor dengan alamat situs iwanbanaran.com.

Situs ini kalau tidak salah lahir mulai tahun 2010. Dulu IWB sepertinya tidak begitu fokus dalam ngeblog ya samalah seperti kami saat ini hehe.

Seiring berjalannya waktu, IWB tumbuh menjadi salah satu blog otomotif yang cukup terkenal.

Kami sendiri menaruh respect pada IWB sebagai salah satu blog yang menginspirasi kami. kendati sebetulnya orang pertama yang menginspirasi kami untuk ngeblog adalah Iman Prabawa yang merupakan penulis blog tentang musik lebih tepatnya alat musik drum.

Dan kebetulan juga blog pertama kami adalah blog soal musik hehe sebelum akhirnya kami ngeblog soal sepeda motor hehe.

Dahulu kami kenal blog IWB karena IWB sering membagikan artikel soal modifikasi Yamaha Byson Karbu sekitar tahun 2014-an. Kami sering mantengin blog Iwan Banaran hingga sekarang hehe.

Kami rasa sudah cukup curhatnya, kita kembali ke topik utama soal blog IWB atau Iwan Banaran yang banyak dihujat.

Jadi begini ceritanya...........

Kami aktif di beberapa grup Facebook dan halaman Facebook soal sepeda motor dan otomotif.

Sering kali banyak warganet yang membagikan unggahan link dari situs blog pribadi Iwan Banaran.

Nah entah mengapa pada kolom komentar Facebook banyak sekali warganet yang menilai IWB kurang netral, tidak objektif, dan cenderung berat sebelah karena masalah endors (kami tidak tampilkan screenshootnya karena cukup banyak kata-kata kurang pantas).

Kami sebelumnya sudah menelusuri penyebab dihujatnya IWB dan dari pandangan kami, adalah wajar bila seseorang menilai suatu hal secara subjektif.

Karena yang digunakan untuk menilai adalah indera dan bukannya alat mesin (soal kenyaman dan kegantengan motor masih wajarlah beda selera). Jadi cukup sulit untuk mencapai objektivitas yang hakiki pada indera manusia.

Dalam kasus lain, kami fikir mengenai ketidak netralan IWB, masih perlu kita nilai secara komprehensif dan holistik mengenai tiap artikel yang ada di blog Iwan Banaran.

Jadi kita jangan menilai A tidak neteral karena kebetulan kita melihat A tengah memuji suatu barang.

Kita lihat dahulu tiap artikelnya, karena satu halaman buku tidak akan mampu mendeskripsikan seluruh isi buku.

Di sisi lain, kami rasa cukup wajar jika pada era sekarang banyak yang hujat-menghujat. Ya kami sendiri masih sering kena hujat kalau berpapasan di Facebook, makanya kami sebetulnya malas buka Facebook hehe.

Ada pepatah tua mengatakan “semakin tinggi pohon berdiri, maka semakin kencang angin berhembus”. Artinya adalah silahkan kalian tafsirkan sendiri.

Poinnya adalah semoga kita bisa lebih bijak lagi dalam berargumen terutama di dunia maya. Karena sekarang dunia maya pun sudah diatur dengan UU ITE. Jika tengah apes mungkin kita bisa jadi tahan di balik jeruji besi.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript