★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Ganti Karbu Byson Ke PE 28/ PE 26/ RX King



Ganti Karbu Byson Ke PE 28/ PE 26/ RX King


Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai pergantian karbu dari Yamaha Byson ke karbu aftermarket yakni PE 26 atau PE 28 atau karbu dari RX King.


Sob, Yamaha Byson karbu merupakan motor yang dijejali salah satu karbu yang merupakan bentuk dari inovasi hijau. Ya, Yamaha Byson dijejali dengan karbu vakum dengan lubang venturi berdiameter 26 mm.

Karbu vakum dari Yamaha Byson sendiri terbilang cukup buruk terutama bila yang kita bahas adalah masalah performa akselerasi.

Selain itu, karbu vakum dari Yamaha Byson sering sekali mengalami kendala, sebut saja karet vakum yang mudah kendur hingga skep yang mudah baret.

Imbasnya tentu motor Yamaha Byson selain menjadi lemot, tentunya juga sering juga mengalami brebet, ngempos, hingga batuk-batuk.

Karena alasan tersebut, maka banyak dari pengguna Yamaha Byson yang mengganti karbu vakumnya ke karbu konvensional aftermarket.

Sejauh ini pilihan pergantian karbu bagi Yamaha Byson pilihannya cukup banyak, namun yang biasanya diaplikasikan pada Yamaha Byson karbu adalah karbu PE 26, PE 28, hingga karbu copotan atau karbu aftermarket dari Yamaha RX King.

*Sekedar informasi;
1. Karbu PE 26 berdiameter venturi 26 mm.
2. Karbu PE 28 berdiameter venturi 28 mm.
3. Karbu Rx King berdiameter venturi 26 mm.

Nah ketiga karbu di atas tidak dapat langsung dipasangkan karena harus dilakukan beberapa ubahan. Ubahan-ubahan tersebut diantaranya adalah:

1. Ganti Manipol dan Karetnya


Sebetulnya baik itu karbu dari PE maupun dari Rx King, keduanya teteap bisa dipasangkan pada manipol bawaan dari Yamaha Byson, tetapi hasilnya akan mubazir karena tidak maksimal. Pada beberapa kasus bahkan ada yang karbunya sampai terpental karena karbu tidak terpasang sempurna pada manipol. Selain itu, manipol karbu dari Yamaha Byson terbilang cukup panjang, sehingga cukup menggangu jalannya suplai bahan bakar. Oleh karenannya kita harus mengganti manipol dan karetnya. Kita bisa beli manipol aftermarket di Shopee atau di Bukalapak untuk karbu Yamaha Byson, harganya cukup murah yakni sekitar seratus ribuan. Jika kalian ingin lebih berhemat, kalian cukup potong saja manipol bawaan dari Yamaha Byson dan belikan karet manipol dari motor Xeon beserta klemnya. Hanya saja cara pemotongan tersebut dapat merugikan jika pemotongannya tidak presisi.

2. Ganti Kabel Gas Karbu


Kabel gas bawaan dari karbu vakum tidak dapat dipasangkan pada karbu konvensional. Hal tersebut karena adanya perbedaan dari ukuran pangkal kabel dari gas untuk karbu vakum. Selain itu, pada beberapa kasus, kabel gas dari Yamaha Byson terlalu pendek beberapa senti jika dipasangkan pada karbu konvensional semisal dari PE dan karbu Rx King. Sebagai saran, kalian bisa beli saja kabel gas spontan untuk karbu konvensional. Atau kalian bisa membeli kabel gas vespa dan dimodifikasi ujung dari kabel gasnya agar pas dengan ketinggian antara karbu dan stang.

3. Mengubah Posisi Filter Udara atau Mengganti Filter Udara


Selanjutnya adalah kita harus sedikit memajukan filter udara bawaan agar bisa terpasang pada karbu PE atau karbu Rx king. Jika kalian pakai karbu PE 28, maka kalian akan sulit memasangkan filter udara ke moncong karbu, hal tersebut karena diamter venturi dari karbu PE 28 lebih besar sekitar 2 mm. Terlebih jika kita menggunakan manipol pendek, maka kemungkinan kita harus ekstra dalam memajukan posisi dari filter udara. Nah jika kalian tidak ingin pusing, kalian bisa menggunakan filter udara variasi atau kalian lakukan open filter saja, tetapi melakukan open filter dapat berdampak buruk pada kebersihan karbu dan ruang bakar.

4. Ganti PJ dan MJ Karbu


Selanjutnya dan yang terakhir adalah mengganti pilot jet (PJ) dan main jet (MJ) dari karbu PE atau pun karbu RX King. Untuk karbu PE 26 dan karbu Rx King kemungkinan jika kalian membeli yang ori, maka tidak usah ribet ganti PJ dan MJ, tetapi jika kita gunakan karbu PE 28, maka kita harus mengganti PJ dan MJnya. PJ dan MJ ini sebetulnya cukup sulit untuk ditebak, karena kondisi setiap motor akan berbeda-beda. Namun jika motor Byson kalian masin standaran pabrik dan hanya ganti ke karbu PE 28, maka banyak yang merekomendasikan penggunaan PJ MJ dari karbu Honda GL Neo Tech. Oh iya, jika kalian membeli karbu PE dan RX King berharga kurang dari Rp. 200.000an, maka ganti juka skepnya, karena kemungkinan skepnya akan mudah sekali baret.

Nah memasang karbu PE dan RX King ke Yamaha Byson memang mampu mendongkrak performa dan menghilangkan beberapa keluhan pada karbu, namun jika settingannya tidak tepat, maka kemungkinan malah memperburuk kondisi dari Yamaha Byson itu sendiri.

Oh iya, kami sudah beberapa kali membuat artikel soal karbu Yamaha Byson ini. Mulai dari perawatan karbu standar hingga memodifikasi filter udara dari Yamaha Byson. Jika kalian ingin membaca artikelnya, silahkan kalian cari pada situs ini dengan kata kunci “Byson” (tanpa tanda petik).

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa. Wassalamu’alaikum.



Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript