-->

★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Ciri-Ciri Kampas Rem Cakram Habis



Ciri-Ciri Kampas Rem Cakram Habis

Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai ciri-ciri dari kampas rem cakram yang sudah habis atau aus.


Sob, pada umumnya sepeda motor maupun mobil menggunakan sistem rem dengan dua model. Yakni model rem cakram dan model rem tromol.

Keduanya sama-sama dibekali dengan kampas rem sebagai media gesek. Dan keduanya juga memiliki karakter pengereman yang berbeda.

Meski disinyalir rem cakram lebih baik dari segi pengereman, namun tak dapat dipungkiri bahwa rem tromol juga sudah setara dari segi daya pengeremannya. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya pabrikan truk besar serta bus yang masih mempercayakan rem tromol sebagai pengereman pada kendaraan berat tersebut.

Bicara soal rem cakram dan kampasnya, baik itu pada sepeda motor maupun pada mobil, keduanya sama-sama memiliki tanda-tanda tersendiri ketika sudah habis bahkan sebelum habis.

Sebelum habis biasanya kampas rem cakram akan memiliki tanda-tanda tersendiri yang dapat kita perhatikan melalui indera kita.

Tanda-tanda tersebut harus kita kenali karena dapat membantu kita dalam mendeteksi kondisi kampas rem cakram kita.

Oke baiklah mari kita bahas saja.

Sebelum kampas rem cakram habis, biasanya performa dari pengereman akan sedikit lebih blong atau los atau kurang pakem.

Selang beberapa lama setelah kampas rem kurang pakem, biasanya akan ada suara berisik pada bagian kampas rem atau kaliper.

Suaranya seperti kampas rem yang terisi atau menggerus pasir. Srek-srek, kurang lebih seperti itulah bunyinya. Terbayangkan suara pasir tergesek oleh kampas rem dan piringan rem cakram?

Nah suara tersebut berasal dari indikator kampas rem cakram, kampas rem cakram biasanya akan memberikan tonjolan besi dengan ukuran tertentu.

Besi tersebut akan menggesek piringan cakram apabila kampas rem sudah mulai tipis. Jadi jika kampas rem sudah tipis, si besi pada kampas rem akan terus menggesek piringan cakram, sehingga munculah suara yang sudah kita bahas sebelumnya.

Sebetulnya cara yang lebih efektif untuk mengetahui apakah kampas rem cakram sudah habis atau belum adalah dengan membongkar kaliper rem dan melihat kondisi kampas remnya.

Namun cara tersebut cenderung lebih ribet dan merepotkan, oleh karenannya maka tidak ada salahnya bila kita gunakan metode yang sudah kita bahas.

Oh iya, ketika kampas rem cakram sudah habis, motor masih sanggup mengerem bahkan bisa lebih pakem.

Namun efeknya adalah motor akan terus mengeluarkan bunyi srek-srek, selain itu, piringan cakram akan lebih mudah aus ketika kampas rem dibiarkan aus dan hanya menyisakan besinya saja.


Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript