-->

★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Breket Kaliper Rem Patah, Bagaimana Solusi Atasinya?



Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai breket kaliper rem yang patah dan solusi mengatasinya.


Sob, breket kaliper pada sepeda motor berfungsi sebagai dudukan kaliper atau pala babi. Fungsinya cukup vital karena menahan beban pengereman yang dilakukan oleh kaliper serta piringan cakram.

Biasanya breket kaliper terbuat dari besi, alumunium, dan logam campuran lain. Dan biasanya juga breket dari kaliper rem ini tahan akan keretakan hingga patah.

Namun nyatanya breket kaliper ini masih bisa patah juga seperti gambar di bawah ini.

Breket Kaliper Rem Patah, Bagaimana Solusi Atasinya?
Sumber: Facebook/ Thalaatha Al Rahman

 
Hm, bingung ya kok bisa patah begitu??? Lalu bagaimana cara mengatasinya ya? apakah bisa dilas?

Jawabannya adalah breket kaliper yang terbuat dari besi campuran yang dicetak atau dari alumunium atau yang terbuat dari besi CNC tidak dapat dilas pada tukang las biasa.

Jadi dulu menurut guru las kami, besi hanya dapat dilas menggunakan campuran besi yang senyawanya sama.

Karena biasanya tukang las hanya melakukan las pada besi biasa, maka ketika ada besi campuran atau alumunium minta dilaskan, maka tentu tukang las akan menolak karena keterbatasan bahan.

Hal tersebut jugalah yang dulu kami alami ketika hendak mengelas dudukan pijakan kaki pada sepeda motor.

Tidak ada cara lain selain mencari tukang las alumunium, namun jika susah mencarinya, kita bisa membuat breket kaliper baru secara costume di tukang las dengan bahan baku besi yang tentunya lebih kuat.

Atau jika kalian tidak mau ribet, ya tinggal beli baru saja breket kalipernya hehe. Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript