Perbedaan Swing Arm Banana Dan Swing Arm Biasa



Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan antara swing arm banana dan swing arm biasa.


Pada sepeda motor, swing arm sudah pasti jadi kewajiban untuk disematkan. Mulai dari single arm yang biasa digunakan oleh motor metik hingga arm dengan dua dudukan yang umum digunakan motor kebanyakan.

Swing arm atau lengan ayun adalah piranti pada sepeda motor yang bertugas menopang roda pada rangka sepeda motor.

Swing arm ini statis namun gerakannya dinamis naik dan turun. Swing arm terhubung dengan rangka dan shock breaker belakang pada motor.

Bicara soal swing arm, tentu kita pernah mendengar swing arm banana bukan? Yups belakangan swing arm banana ini menjadi hits dan tren karena menjadi swing arm bawaan bagi motor-motor berkubikasi besar.

Namun tahu tidak sob apa perbedaan antara swing arm banana dengan swing arm yang biasa digunakan pada motor umum?

Yuk kita bahas bersama sob.

Meski kini swing arm banana sudah disematkan pada motor sport berkubikasi 150 cc sebut saja Yamaha R15, namun swing arm banana tetap jadi incaran banyak modifikator guna mengejar moge look pada kuda besinya.

Swing arm banana ini sesuai dengan namanya yakni lengan ayun pisang, berbentuk melengkung layaknya pisang. Bila tidak jelas silahkan kalian lihat saja gambar berikut yang merupakan swing arm banana,

Perbedaan Swing Arm Banana Dan Swing Arm Biasa
Arm Banana R15 V3. Sumber: Bukalapak

Lalu kalian bandingkan swing arm lurus yang biasa digunakan pada sepeda motor pada umumnya.

Perbedaan Swing Arm Banana Dan Swing Arm Biasa
Arm Byson. Sumber: Bukalapak

Dari sini kita sudah paham bukan perbedaan antara swing arm banana dan swing arm  yang umum digunakan pada motor?

Kemudian secara fungsional kami tidak akan lebih jauh membahas ya sob karena kami sendiri tidak begitu paham dengan fungsinya.

Kenapa? Karena sejauh ini masih banyak perdebatan tentang swing arm banana dari segi fungsinya. namun yang jelas inovasi tentang swing arm banana tujuannya adalah untuk meningkatkan handling dan stabilitas sepeda motor dalam berbagai medan jalan.

Kenapa demikian? Karena tugas utama kaki-kaki termasuk swing arm banana adalah untuk menunjang kemudi yang nyaman bagi sepeda motor.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Swing Arm Banana Dan Swing Arm Biasa"

Posting Komentar

Komentarnya Tuan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel