-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Fungsi Lubang Kecil Pada Knalpot Motor




Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai fungsi lubang kecil pada knalpot motor.


Sob pada knalpot standar dari pabrikan untuk motor-motor terbaru atau yang masih muda biasanya ada satu poin yang membuat bingung sebagian orang.

Poin apakah gerangan? Yups, pada knalpot motor dengan keluaran terbaru, biasanya ada lubang kecil yang biasanya terletak pada bagian leheran hingga “muara” silincer.


Lubang kecil yang sudah kita bahas bukanlah kebocoran karena cacat produksi, tetapi memang sengaja dibuat sob.     Fungsinya untuk apa sob? Fungsinya adalah supaya ketika knalpot kemasukan air, si air dapat dengan mudah keluar lagi dari knalpot motor.     Itu jugalah yang menjadi alasan mengapa lubang kecil pada knalpot biasanya ditempatkan pada posisi bawah dan tepat pada lekukan knalpot yang paling rendah.
Sumber: Facebook


Sebut saja knalpot dari Honda Sonic 150R, Honda CBR 150, Yamaha Byson, dan motor lain yang belum tua-tua banget.

Pada motor-motor dahulu mungkin tidak ada poin yang dapat kita sebut fitur ini. Mengapa? Mainset dulu adalah ketika ada kebocoran pada sistem knalpot, biasanya akan langsung ditambal karena akan menyebabkan suaranya jadi tidak enak.

Namun itu berlaku untuk motor-motor zaman dulu sob, untuk motor-motor sekarang, biasanya pabrikan sudah membuat inovasi dan pembaharuan yang bertujuan guna kepentingan pengendara.

Lubang kecil yang sudah kita bahas bukanlah kebocoran karena cacat produksi, tetapi memang sengaja dibuat sob.

Fungsinya untuk apa sob? Fungsinya adalah supaya ketika knalpot kemasukan air, si air dapat dengan mudah keluar lagi dari knalpot motor.

Itu jugalah yang menjadi alasan mengapa lubang kecil pada knalpot biasanya ditempatkan pada posisi bawah dan tepat pada lekukan knalpot yang paling rendah.

Jadi lubangnya memang didesain agar memudahkan air keluar dari knalpot. Sekedar info sob, ketika air dalam waktu yang cukup lama tertahan di knalpot, maka kemungkinan besar knalpot bisa karatan.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.
Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript