Alasan Menggunakan Produk Dari Pertamina



Alasan Menggunakan Produk Dari Pertamina
Sumber: PT. PERTAMINA
Assalamu’alaikum.
Kembali lgi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai alasan untuk menggunakan produk dari Pertamina.


Sob, Pertamina merupakan perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang mana bergerak pada bidang pengelolaan dan penjualan minyak bumi dan bahan tambang lainnya.

Salah satu produk yang mungkin familiar oleh kita yakni bahan bakar kendaraan serta pelumas mesin kendaraan.

Sebut saja beberapa produk dari Pertamina yakni Premiun, Pertalite, Pertamax, Pertamina Dex, Oli Enduro, dan produk perminyakan lain yang dijual secara umum bagi pengguna kendaraan.

Industri perotomotifan terutama dalam bidang pelumasan dan perminyakan tentu sudah sangat ketat sob. Pertamina tidak sendiri dalam menjual produknya di tanah air,

Tercatat beberapa kompetitornya yakni Shell, Mobil, serta kompetitor lain yang ikut mengambil peruntungan dalam menjual bahan bakar dan oli pelumas di Indonesia.

Kita akui memang dari segi jaringan atau cabang serta distribusi barang, Pertamina jauh lebih unggul. Tetapi bila kita bicara kualitas, kita harus jujur juga bahwa masih ada produk yang lebih baik dari produk yang dihasilkan oleh Pertamina yang kebetulan juga dijual di Indonesia.

Nah sob, kebetulan di daerah sekitaran kami ada dua SPBU yakni Shell dan Pertamina. Dari segi harga, meski harga minyak dari kedua perusahaan tersebut mengalami penurunan, namun harganya tetap 11-12 dengan harga bahan bakar dari Shell cenderung lebih mahal beberapa ribu rupiah (mungkin karena pajak ya).

Letak dari kedua SPBU tersebut tidak berjauhan sob, namun secara pribadi kami lebih senang untuk  mengisi bahan bakar di SPBU milik Pertamina. Kendati untuk mengisi di SPBU Pertamina kami harus putar balik beberapa ratus meter.

Mengapa? Karena meski kami harus putar balik untuk mengisi bahan bakar, namun ada satu poin yang menurut kami akan lebih berguna ketimbang kami mengisi pada SPBU swasta.

Yups, Pertamina adalah BUMN dan laba ruginya ditanggung oleh negara. Oleh karenannya meski produk sebelah lebih menjanjikan, namun kami masih ingin berkembang dengan negara ini.

Maksudnya bagaimana? Begini sob, jika Pertamina mengalami laba atau keuntungan, maka secara otomatis sebagian dari keuntungan tersebut akan masuk kas negara. Sebaliknya juga, apabila Pertamina mengalami kerugian, maka kerugian tersebut ditanggung dan ditomboki oleh negara.

Jika kita membeli produk dari SPBU non BUMN, memang negara tetap mendapat pemasukan via pajak dan perizinan lain-lain, namun menurut kami yang awam ini, nominalnya tidak akan sebesar bila Pertamina yang melakukan bagi hasil laba dengan negara.

Dan ingat sob, hasil laba dari Pertamina nantinya akan digunakan dalam kebijakan fiskal guna kepentingan sektor riil. Salah satunya adalah guna membangun negara ini.

Tetapi adanya SPBU asing ini tentunya tetap harus ada, hal tersebut guna menjaga kesehatan dagang dari BUMN, karena jika Pertamina hanya berjualan seorang diri di dalam negeri, maka kemungkinan adanya monopoli dan “otoriter” dalam harga jual akan ada sob.

Selain dari segi bahan bakar, kami juga tetap memilih produk oli dari Pertamina yakni produk  Enduro, mengapa? Ya karena alasan tadi sob, kendati memang ada produk oli import yang lebih menggoda, namun rasanya percuma juga bila kami biasakan membeli produk import dan membuat produk dari BUMN sepi peminat.

Oh iya tulisan ini jangan disangkut pautkan dengan politik ya sob, ini murni dari pemikiran kami yang terbatas.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Belum ada Komentar untuk "Alasan Menggunakan Produk Dari Pertamina"

Posting Komentar

Komentarnya Tuan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel