-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

[D.I.Y] Cara Membuat Raiser/ Riser (Clam Bar) Pada Yamaha Byson


[D.I.Y] Cara Membuat Raiser/ Riser (Clam Bar) Pada Yamaha Byson


Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kami akan menceritakan pengalaman kami tentang kami yang membuat raiser/ riser atau disebut juga clam bar pada Yamaha Byson.


Ide dari membuat riser sebetulnya sederhana, dimana kami telah menggunakan stang jepit, dan dengan menggunakan stang jepit, maka otomatis riser bawaan Yamaha Byson jadi tidak terpakai.

Sebelumnya mungkin sudah tahu apa itu riser? Riser adalah bagian pada segitiga atas pada motor yang berfungsi untuk menjepit stang. Biasanya riser digunakan pada motor yang modelnya naked seperti Yamaha Byson, Honda CB 150, Yamaha Vixion, dan lain-lain.

Banyak produk variasi yang menawarkan riser berbagai macam model dan tentunya dengan kualitas yang bermacam-macam pula.

Namun karena kami ingin sedikit mencoba-coba, maka kami putuskan untuk membuatnya sendiri. Ya jika berhasil Alhamdulillah, bila gagal ya tak mengapa.

Bahan yang kami gunakan adalah plat setebal 1-2 mm. Sebetulnya harusnya platnya lebih tebal, idealnya serupa dengan tebal dari segitiga bawaan motor.


[D.I.Y] Cara Membuat Raiser/ Riser (Clam Bar) Pada Yamaha Byson


Oh iya, riser ini nantinya tidak berfungsi untuk menjepit stang lagi ya. Jadi ini nantinya hanya akan menutupi saja riser bawaan pada Yamaha Byson sehingga terlihat rata hehe.

Kami bentuk dan pola sedemikian rupa, dan dari gambar di atas mungkin sudah terlihat polanya seperti apa.

Nah sebetulnya bila kami gunakan plat yang lebih tebal, mungkin hasilnya akan jauh lebih baik. Namun karena plat besinya terlalu tipis, akhirnya kami hanya membuat riser kecil saja.

Riser tersebut kami haluskan dengan gurinda sedemikian rupa supaya mengkilap. Oh iya, alat yang kami gunakan hanya kertas dan spidol untuk membuat pola, serta gurinda dan bor untuk membentuk dan melubangi plat.

Sebetulnya kami kurang puas dengan bentuknya, namun nanti jika ada bahan baku lagi yang cocok, InsyaAllah kami akan membuat lagi riser dengan bentuk yang lebih baik hehe.

Oh iya, riser ini juga memiliki fungsi loh. Kebetulan karena kami sudah menggunakan stang jepit dan mengubah konsep Yamaha Byson kami jadi konsep “berjubah”, maka kami sedikit bingung ketika tengah mengisi bensin.

Kenapa? Karena di daerah kami, ketika mengisi bensin, kami sendiri yang mengisinya, jadi tidak oleh operator.

Masalahnya adalah tutup tangki dari Yamaha Byson harus dilepas ketika diisi (merek lain bisa hanya dibuka saja). dan ketika tutup bensin dilepas, terkadang kami bingung harus menyimpannya dimana. Dan karena kami membuat riser, jadi kami bisa menyimpan tutup tengki Yamaha Byson pada bagian riser seperti ini:

[D.I.Y] Cara Membuat Raiser/ Riser (Clam Bar) Pada Yamaha Byson


Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata smeoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alikum.
Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript