Kupas Karbu Vakum, Apakah Bagus?


Kupas Karbu Vakum, Apakah Bagus?


Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan kupas mengenai karbu vakum yang merupakan teknologi pengkabutan bahan bakar sebelum era injeksi.


Sob, kita ketahui bersama bahwa sebelum karbu vakum muncul, sudah lebih dahulu ngetren beberapa karbu konvensional yang melegenda dipasangkan pada beberapa pabrikan motor.

Tengok saja PE pada Honda NSR, PWK pada Kawasaki Ninja, atau karbu RX King dari pabrikan Yamaha.

Beberapa karbu konvensional di atas masih eksis diburu guna digunakan dalam motor-motor korekan para bikers.

Namun waktu berlalu, dan era karbu konvensional tergerus oleh “inovasi hijau” yang mengharuskan setiap kendaraan bermotor yang memiliki emisi harus menekan serendah mungkin gas buangnya.

Karbu vakum jadi karbu generasi terbarukan setelah karbu konvensional. Namun karbu yang lahir setelah era karbu konvensional ini nyatanya menjadi “musuh” bagi beberapa pengguna motor.

Masalahnya adalah karbu vakum yang dinilai terlalu “hemat” untuk akselerasi motor, namun tidak begitu efisien dalam masalah perawatan dan konsumsi bahan bakar.

Bayangkan saja, karet vakum yang disematkan pada karbu vakum, bila sudah melar atau berlubang maka akan membuat biaya perawatan menjadi lebih banyak. Hal tersebut berbanding terbalik dengan karbu konvensional yang perawatannya dapat dibilang lebih mudah karena tidak berurusan dengan bahan yang sensitif.

Nah karbu ini salah satunya diaplikasikan pada Suzuki Thunder 125, Yamaha Byson, serta Satria FU gen lawas.

Banyak dari pengguna motor-motor di atas yang mencabut dan mengganti karbu vakum bawaannya dengan karbu konvensional yang lebih nendang dari segi akselerasi.

Nah mungkin di antara kita ada yang bertanya apakah karbu vakum bagus? Jawabannya relatif, namun bila ingin melakukan pergantian karbu konvensional pada karbu vakum untuk keperluan balap, kami rasa hal tersebut kurang tepat, karena karbu vakum yang dapat dikatakan lemot dalam urusan distribusi bahan bakar.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Belum ada Komentar untuk "Kupas Karbu Vakum, Apakah Bagus? "

Posting Komentar

Komentarnya Tuan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel