Cara Membuat Saklar On/ Off Pada Lampu Depan Yamaha Byson




Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas megenai cara membuat saklar on/ off pada lampu depan Yamaha Byson.


Saklar on/ off pada lampu depan Yamaha Byson berguna untuk menghidupkan dan mematikan lampu depan pada Yamaha Byson.

Kita ketahui bersama pada motor-motor keluaran terbaru termasuk Yamaha Byson sudah menggunakan fitur nyala lampu yang tidak dapat dimatikan ketika motor berada pada posisi hidup.

Hal tersebut dilakukan oleh para pabrikan guna memenuhi undang-undang lalu-lintas tentang kebijakan menyalakan lampu depan bagi pengguna sepeda motor baik pada malam hari maupun siang hari.

Bagi sebagian konsumen, nyalanya lampu depan dianggap merugikan karena menyebabkan aki cepat habis dan bola lampu cepat putus.

Karena kerugian itulah, maka banyak dari sebagian pengguna motor tak terkecuali pengguna Yamaha Byson yang berusaha membuat saklar on/ off pada motornya agar lampu depan dapat dinyalakan dan dimatikan sesuai keinginan.

Bagi pengguna Yamaha Byson, kami akan bagikan cara membuat saklar on/ off pada artikel ini. Oleh sebab itu, simak saja ya dengan seksama.

Dalam usaha membuat saklar on/ off ini, kita akan mengorbankan killer switch engine atau saklar yang biasa mematikan putaran mesin ketika motor Yamaha Byson tengah dihidupkan mesinnya.

Bagi yang tidak ingin mengorbankan saklar di atas, maka bisa beli terlebih dahulu saklar aftermarket yang sudah banyak dijual di bengkel-bengkel atau di market pleace.

Nah di sini kita akan gunakan killer switch engine sebagai saklar on/ off lampu depan. Maka hal yang pertama kali harus kita lakukan adalah membuka saklar kanan pada Yamaha Byson kita.

Cara Membuat Saklar On/ Off Pada Lampu Depan Yamaha Byson
 Wah sangat berdebu dan kotor ya dalamnya wkwkwk


Pada gambar di atas, kita potong saja kabel yang sebelumnya menempel pada killer switch engine. Ingat hanya ada dua kabel, dan kabel tersebut jangan dipotong secara penuh terkecuali kalian punya solder untuk menyolder kabel.

Kita potong kedua kabel tersebut dan sisakan kabel secukupnya pada saklar pemati mesin untuk kita gunakan dalam menyambungkan kabel.

Nah kabel pada killer switch engine kita sambungkan saja lalu tutup dengan isolatif kemudian kita panaskan isolatifnya menggunakan korek agar lebih merekat. Sesudah itu biarkan saja kabel tersebut.

Lanjut pada tahap selanjutnya yakni memotong kabel masa atau negatif pada jalur kelistrikan lampu depan. Ambil dan potong saja kabel negatif pada area lampu depan. Potong secukupnya sehingga ada jarak untuk kita menyambung kabel.


INGAT!!!! HANYA AMBIL KABEL NEGATIF ATAU MASA!!! KARENA JIKA MENGGUNAKAN KABEL POSITIF, KEMUNGKINAN TERJADINYA KORSLET AKAN SEMAKIN BESAR JIKA SUATU SAAT KABEL POSITIF BERSENTUHAN DENGAN MASA.


Selanjutnya siapkan dua kabel secukupnya lalu sambungkan satu kabel pada kabel negatif lampu depan yang kita potong tadi dan ujung lain dari kabel kita sambungkan pada salah satu kabel pada killer switch engine.

Lalu kabel yang satu lagi untuk apa? Ya lakukan cara di atas pada kabel yang satu lagi pada kabel lain yang kita potong yang belum terhubung dengan kabel.

Jadi intinya si kabel negatif harus tetap terhubung dengan lampu, hanya saja sebelum terhubung harus terlebih dahulu melewati killer switch engine.

Saklar itulah yang nantinya jadi on/ off untuk lampu depan Yamaha Byson kita. Bagaimana sudah terbayang? Mohon maaf bila kurang jelas, tapi bila kurang jelas dapat bertanya kok pada kolom komentar.

Nah kurang lebih hasil jadinya akan seperti ini:

Cara Membuat Saklar On/ Off Pada Lampu Depan Yamaha Byson


Gambar di atas adalah Yamaha Byson siluman kami yang lampunya sudah dimodifikasi  dan menggunakan saklar on/ off pada salah satu lampunya.

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini. Akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.


Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Saklar On/ Off Pada Lampu Depan Yamaha Byson"

Posting Komentar

Komentarnya Tuan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel