Penyebab dan Cara Mengatasi Tutup Tangki Motor Yang Tidak Dapat Dibuka




Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel satupiston.com. Kali ini kita akan membahas mengenai penyebab dan cara mengatasi tutup tangki motor yang tidak dapat dibuka atau dapat kita katakan macet atau seret.


Sebelumnya kita informasikan terlebih dahulu bahwa yang akan kita bahas adalah tutup tangki dari motor dengan keadaan tangki di depan dan tutup tangki tersebut hanya dapat dibuka dengan menggunakan anak kunci dan bukan yang dibuka dengan cara diputar.

Pada beberpa motor sport, ada suatu kendala yang bisa dikatakan cukup membuat kesal dan jengkel. Kendala tersebut adalah ketika tutup tangki tidak dapat dibuka dengan anak kunci seperti pada keadaan normal.

Kami sendiri pernah mengalami hal tersebut. Saat itu kami dan motor kami tengah mampir ke salah satu SPBU. Setelah sampai di SPBU, kami mengantri sembari membuka tutup tangki motor.

Na’asnya ternyata tutup tangki tersebut tidak dapat dibuka. Kami telah mencoba dengan cukup keras dan tetap saja tidak bisa. Setelah antrian sudah mulai penuh, kami masih terus mencoba membuka. Namun bukannya terbuka, anak kunci motor malah bengkok.

Akhirnya kami tunggu antrian dan kami langsung pergi tanpa mengisi bahan bakar dikarenakan tangki kami tidak dapat dibuka tutupnya.

Rupanya hal tersebut juga dialami oleh pengendara lain. Simak saja penuturan akun Facebook bernama Rios Alfian Sli Oyin.

Penyebab dan Cara Mengatasi Tutup Tangki Motor Yang Tidak Dapat Dibuka


Sore sobat, apakah ada yg ngalamin, buka tutup tangki gk bisa di buka sampai kunci bengkok, mohon solusinya suhu?” Tuturnya dalam keterangan foto yang dibagikan di grup Facebook Yamaha R25 Indonesia.

Sebelum kita bahas solusinya, kita bahas terlebih dahulu penyebabnya.

Penyebab dari tangki motor yang sulit dibuka biasanya terjadi karena pada lubang anak kunci pada tutup tangki tersebut telah terjadi pengkaratan. Biasanya diakibatkan oleh adanya air yang secara masif masuk ke dalam lubang anak kunci pada tangki motor.

Bila sudah demikian, jangan sekali-kali untuk memaksakan membuka tutup tengki motor tersebut. Hal tersebut karena anak kunci bisa bengkok sampai patah. Bila sudah patah maka masalah akan menjadi double.

Langkah yang dapat kita lakukan adalah dengan melumuri atau meneteskan pelumas semisal oli atau minyak kelapa pada lubang anak kunci pada tutup tangki motor. Diamkan selama beberapa detik, kemudian lumuri juga anak kunci dengan pelumas.

Setelah itu masukan anak kunci pada lubang di tutup tengki motor. Selanjutnya putar secara perlahan seperti kita membuka tutup tangki motor seperti biasa.

Bila masih keras, ulangi langkah pertama. Namun bila ada cairan anti karat semisal WD, maka kita bisa gunakan cairan WD terlebih dahulu untuk selanjutnya kita lumasi kembali lubang anak kunci dan anak kunci pada tutup tangki motor.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Akhir kata, sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel