Bensin Yang Cocok Untuk Motor? Cek Perbandingan Kompresi Motor Dulu!


Bensin Yang Cocok Untuk Motor? Cek Perbandingan Kompresi Motor Dulu!


Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel satupiston.com. Kali ini kita akan membahas mengenai bensin yang cocok untuk motor yang kita pakai.


Setidaknya secara umum ada beberapa jenis bensin yang beredar di Indonesia yang dijual oleh Pertamina. Bensin-bensin tersebut diperuntukan untuk kendaraan dengan mesin bensin tak terkecuali motor.

Nah pemilihan bensin untuk kendaraan tidak boleh asal-asalan. Yang beroktan rendah belum tentu buruk dan yang beroktan tinggi belum tentu baik untuk motor. Hal tersebut disesuaikan dengan perbandingan kompresi dari motor kita.

Perbandingan kompresi sendiri merupakan gambaran tekanan yang dilakukan piston pada ruang bakar. Sederhananya, semakin tinggi perbandingan kompresi pada motor, maka semakin tinggi pula tekanan yang dibutuhkan.

Hal tersebut dapat dibuktikan dengan aktivitas kick starter, dimana biasanya motor dengan perbandingan kompresi tinggi akan lebih keras kick starter-nya dibandingkan dengan motor yang perbandingan kompresinya lebih rendah.

Untuk memenuhi besaran tekanan yang dibutuhkan oleh ruang bakar, maka dibutuhkan bensin atau bahan bakar dengan oktan yang sesuai.

Oktan sendiri merupakan angka yang menunjukan besaran tekanan atau ledakan yang dihasilkan sebelum bahan bakar terbakar secara spontan pada ruang bakar.

Dengan demikian perbandingan kompresi pada motor  harus disesuaikan dengan nilai oktan yang sesuai pada bensin atau bahan bakar.

Bensin untuk motor sendiri secara umum di jual pada Pertamina dengan jenis yang berbeda-beda sesuai dengan penomoran oktan. Bensin tersebut antaralain adalah premium, pertalite, pertamax, dan pertamax plus.

Keempat jenis bensin tersebut memiliki angka oktan yang berbeda-beda dan memiliki peruntukan tersendiri. Singkatnya kami urai sebagai berikut:

1. Premium beroktan 88 dan cocok untuk motor dengan perbandingan kompresi 7:1 Hingga 9:1.
2. Pertalite beroktan 90 dan cocok untuk motor dengan perbandingan kompresi 9:1 hingga 10:1
3. Pertamax beroktan 92 dan cocok untuk motor dengan perbandingan kompresi 10:1 hingga 11:1
4. Pertamax plus beroktan 95 dan cocok untuk motor dengan perbandingan kompresi 11:1 hingga 12:1

Update:
Untuk saat ini Pertamax Plus telah berganti nama dengan Pertamax Turbo yang memiliki RON atau oktan 98 dan cocok untuk kompresi motor11:1 hingga 12:1.

Untuk mengetahui besaran perbandingan kompresi pada motor kesayangan kita, maka kita harus mengecek kembali spesifikasi dari motor kita. Biasanya disetiap brosur baik itu secara cetak maupun secara digital di internet akan mencantumkan perbandingan kompresi dari motor yang dimuat.

Mengapa penting untuk memperhatikan asupan bahan bakar atau bensin untuk motor kita? Jawabannya adalah supaya pembakaran pada motor kita sesuai dan mendekati sempurna. Tidak boros, tindak ngempos, elemen pada ruang bakar tidak mudah gosong, serta hal buruk lainnya yang berkenaan dengan ruang bakar.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, semoga bermanfaat untuk kita semua. Akhir kata sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Belum ada Komentar untuk "Bensin Yang Cocok Untuk Motor? Cek Perbandingan Kompresi Motor Dulu!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel