Tips Berkendara Malam Untuk Pengendara Motor


Tips Berkendara Malam Untuk Pengendara Motor


Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kami akan membahas mengenai tips berkendara malam bagi pengendara motor.


Nah mungkin ada dari sebagian kita yang harus rela berkendara malam di jalan raya pada waktu malam hari. Entah itu karena urusan pekerjaan, mudik, atau keperluan darurat lain.

Bagi yang sudah terbiasa dan tahu medan jalanan mungkin sudah tidak mengalami masalah ketika tengah berkendara malam. Namun lain hal jika kita harus berkendara malam untuk pertama kalinya dan langsung dihadapkan dengan medan yang tidak kita ketahui sebelum, terlebih jika medan tersebut cukup ekstrim seperti kebanyakan jalanan di Indonesia.

Nah kami sendiri akan membagikan beberapa tips untuk kita yang akan melakukan perjalanan dengan berkendara menggunakan motor pada malam hari.

1. Gunakan jaket dan perlengkapan keselamatan

Yang pertama yang cukup penting adalah menggunakan jaket dan menggunakan perlengkapan keselamatan semisal helm atau bodi protektor. Jaket yang tebal akan sangat membantu kita ketika tengah menerjang angin malam, sedangkan helm dan pelindung badan akan menumbuhkan rasa aman ketika kita tengah berkendara. Selain itu perlengkapan keselamatan juga diharapkan bisa melindungi tubuh kita ketika kita mengalami insiden.

2. Pastikan kita dan motor kita dalam keadaan baik

Yang kedua adalah pastikan kita dan motor kita dalam keadaan baik. Usahakan kita tidak mengantuk agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti reflek dan kesadaran yang kurang yang dapat mengakibatkan kita berhalusinasi, kurang fokus, dan kurang gesit dalam melahap jalanan. Selain itu motor kita juga harus dalam keadaan siap jalan. Pastikan bahan bakar cukup, lampu berfungsi dengan baik, dan bagian motor lain tidak memiliki kendala. Pada situasi malam, akan sulit untuk menemui SPBU atau bengkel, oleh sebab itu pastikan motor dalam keadaan yang layak untuk digunakan.

3. Jangan gegabah, ikuti saja kendaraan di depan

Selanjutnya adalah jangan gegabah, ketika hari telah malam dan kita belum menguasai medan, maka risiko celaka akan semakin besar. Di tempat kami sendiri di kawasan Bandung Barat, banyak jalanan yang gelap gulita, berkelok, serta banyak lubangnya. Hal lain yang cukup menakutkan adalah adanya ancaman truk besar dan begal. Oleh sebab itu, ada baiknya kita buntuti kendaraan di depan semisal mobil pribadi. Ikut rombongan keramaian akan membantu kita dalam menavigasi arah.

4. Bawa alat komunikasi dan ajaklah seseorang

Tips terakhir adalah dengan membawa alat komunikasi serta ajaklah seseorang untuk menemani kita berkendara. Hal tersebut untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Jujur saja, bila dihadapkan dengan jalanan di luar sana yang sangat sepi, gelap, dan sesekali dilalui kendaraan berat akan membuat kita bernyali ciut, selain itu masih ada ancaman begal yang mengintai aktivitas perjalanan kita. Oleh sebab itu ada baiknya kita membawa alat komunikasi atau ditemani seseorang untuk berkendara, hal ini untuk mengatisipasi hal yang tidak diinginkan ketika kita tengah berkendara di malam hari.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai disini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Belum ada Komentar untuk "Tips Berkendara Malam Untuk Pengendara Motor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel