Substitusi Kampas Kopling Honda New Sonic 150 R Bisa Pakai Punya Honda Absolute Revo 110




Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel satupiston.com, kali ini kita akan membagikan artikel mengenai alternatif atau substitusi kampas kopling New Sonic 150 R dari pabrikan Honda.


Kampas kopling sendiri merupakan komponen penting dalam perpindahan daya transmisi. Kampas kopling merupakan bagian dari sistem transmisi yang bertugas untuk memutus dan menyambung putaran di area gear box motor.

Sebelumnya kami telah membahas mengenai ciri-ciri atau tanda apabila kampas koplingmotor telah habis, pada intinya bila tenaga pada motor telah mulai tertahan serta sering terjadi selip pada area perpindahan transmisi, maka bisa dicurgai bahwa kampas kopling telah habis, terlebih bila kampas kopling tersebut telah digunakan sejauh lebih dari 25.000 Km.

Jika kampas kopling telah habis atau aus, tentunya harus kita segera ganti dengan kampas kopling yang baru. Hal tersebut bertujuan agar kampas kopling yang telah aus dan hanya tertinggal besi kerasnya saja tidak mengikis elemen lain semisal lawan kaki empat, kaki empat, atau bahkan plat gesek.

Kembali lagi ke topik mengenai alternatif atau substitusi dari kampas kopling untuk Honda Sonic 150 R.

Harga dari kampas kopling untuk Honda Sonic 150 R bisa dikatakan cukup mahal yakni sekitar Rp. 50.000 untuk satu buahnya. Itu artinya untuk satu set yang terdiri dari lima kampas kopling maka harus kita tebus dengan harga Rp. 250.000 (ini prediksi harga termurah).

Harga tersebut belum termasuk biaya jasa bongkar dan pasang untuk pergantian kampas kopling Honda Sonic 150 R kesayangan kita.

Namun bagi kita yang berupaya untuk berhemat, kita bisa gunakan kampas kopling substitusi baik itu dari produk aftermarket atau kanibalan dari kampas kopling motor lain.

Dan teruntuk Honda Sonic 150 R, dari hasil pengalaman kami ternyata dapat juga menggunakan kampas kopling dari Honda Absolute Revo 110 cc.

Substitusi Kampas Kopling Honda New Sonic 150 R Bisa Pakai Punya Honda Absolute Revo 110

Dengan catatan yang dipergunakan adalah kampas kopling dari jenis Honda Revo Absoluter, karena kami sempat menyamakan dengan Honda Revo jenis lain, namun ternyata tidak sama.

Perbedaan dari kampas kopling Honda Sonic 150 R dan Honda Revo Absolute adalah jumlah kampasnya. Jika Honda Sonic 150 R memiliki jumlah kampas kopling sebanyak lima lembar, maka Honda Revo Absolute 110 cc hanya memiliki jumlah kampas kopling tiga lembar saja.

Itu artinya jika kita ingin membeli kampas kopling dari Honda Revo Absolute, kita perlu membeli dua set yang terdiri dari enam lembar kampas kopling.

Satu lembar kampas kopling yang tersisa dapat kita tabung untuk pergantian di jangka waktu berikutnya.

Sebetulnya jika ingin jumlahnya pas yakni lima lembar, maka kita tinggal cari penjual kampas kopling Honda Revo Absolute yang menjual kampas koplingnya dengan sistem perlembar.

Untuk harga dari kampas kopling Honda Revo Absolute 110 cc yang pernah kami beli adalah sekitar Rp. 40.000 perset atau pertiga lembar. Dengan demikian untuk dua setnya kami tebus dengan harga sekitar Rp. 80.000.

Harga tersebut merupakan harga kampas kopling Honda Absolute Revo dengan merk aftermarket atau bukan produk original dari Astra Honda.

Kendati begitu, jika kita bandingkan dengan produk dari Honda Sonic 150 R, tetap harga dari kampas kopling altrnatif ini akan jauh lebih murah.

Ada harga ada rupa, tentunya harga yang lebih murah ini akan bertolak belakang dengan masa pakai. Bila ditelisik sesaat, terlihat jika tapak dari kampas kopling milik Honda Absolute Revo 110 cc lebih tipis dan memiliki grip yang sedikit berbeda dengan grip kampas kopling dari Honda Sonic 150 R.

Namun kendati begitu, alternatif kampas kopling ini cukup kami rekomendasikan. Terlebih untuk kita yang ingin berhemat dan tentunya alternatif ini akan cocok untuk kita yang sulit menemukan onderdil untuk Honda Sonic 150 R.

Nah artikel ini kami tutup sampai disini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassaalamu’alaikum.

Belum ada Komentar untuk "Substitusi Kampas Kopling Honda New Sonic 150 R Bisa Pakai Punya Honda Absolute Revo 110"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel