Efek Filter Oli Motor Tidak Diganti




Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel satupiston.com, kali ini kita akan membahas mengenai efek filter oli motor yang tidak diganti.


Sebelumnya kita bahas dahulu, jenis filter oli itu ada yang musti diganti dengan rutin, ada yang harus dibersihkan dengan rutin dan kemudian pada jangka waktu tertentu harus diganti, serta yang terakhir ada yang tidak perlu diganti tetapi dengan catatan harus rutin dibersihkan.

Biasanya filter oli yang musti diganti adalah filter oli motor yang  saringan atau filternya terbuat dari kertas seperti gambar di bawah ini.

Efek Filter Oli Motor Tidak Diganti


Filter oli seperti gambar di atas adalah filter oli motor dengan saringan yang terbuat dari kertas dan digunakan oleh Yamaha Byson.

Untuk itu, setiap periode tertentu harus dibersihkan dan harus diganti. Misalnya setiap ganti oli harus juga dibersihkan dan setelah tiga kali periode ganti oli harus diganti juga filter olinya.

Lalu jika tidak dibersihkan terlebih tidak diganti apa yang akan terjadi? Sebelumnya mari kita simak gambar di bawah.

Efek Filter Oli Motor Tidak Diganti


Pada gambar di atas, terlihat bahwa pada bagian kampas kopling terdapat kerak dan banyak serpihan logam yang berasal dari gesekan komponen kopling serta komponen lainnya.

Serpihan tersebut akan menyatu dengan oli dan kemungkinan mengalir hingga ke ruang bakar piston. Namun sebelum ke ruang bakar, filter oli akan terlebih dahulu menyaring kotoran tersebut.

Pada beberapa periode, kotoran tersebut akan terus mengendap di filter oli motor, dan bila dibiarkan terus-menerus dan kita tidak bersihkan filter oli motor dan juga tidak mengganti filter oli motor, maka hal yang akan terjadi adalah kotoran tersebut akan sangat mungkin masuk ruang bakar piston dan mengakibatkan keausan di area ruang bakar piston.

Dengan demikian, bukan hal yang tidak mungkin bila nantinya ring piston akan aus karena goresan serpihan logam.

Efeknya adalah motor bisa mengeluarkan asap putih hingga hitam, serta tentunya kompresi juga menjadi tidak maksimal atau dalam artian, akselerasi dan torsinya akan berkurang.

Dengan demikian akan sangat penting untuk kita mengganti atau membersihkan filter oli motor dalam periode waktu yang telah ditentukan oleh panduan manual motor.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel