Apa Fungsi Besi Kecil Pada Velg Motor?




Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai bagian pada velg motor tepatnya velg non jari-jari atau velg palang.

Nah pernah kah  kita bertanya dan menyadari bahwa pada motor beberapa motor sport seperti Honda CBR 150 atau Yamaha R 25, pada kedua velgnya ada besi kecil yang menjepit bagian tengah velg? Nah bila telisik mungkin akan sedikit bertanya mengenai apa sih fungsinya?

Seperti pertanyaan yang dilontarkan oleh akun Facebook Arie Prabowo di grup Facebook Yamaha R25 Indonesia berikut ini.

Apa Fungsi Besi Kecil Pada Velg Motor?


Sembari memposting item benda yang dimaksud, akun Arie Prabowo juga memaparkan pertanyaannya yang berbunyi “Numpang nanya gan ini fungsi nya apa ya? Depan blkng ada tp punya saya ilang 2 2 nya”.

Nah ketika kami telusuri, ternyata part atau item tersebut bernama velg balancer atau penyeimbang atau penyetabil velg.

Sesuai dengan namanya, fungsinya adalah untuk menyetabilkan atau menyeimbangkan velg motor ketika tengah dipacu dalam keadaan kencang.

Mengapa part tersebut dibutuhkan? Hal dasarnya adalah karena dalam kecepatan tinggi, bagian kemudi motor baik itu velg, halu-halu, hingga stang akan bergetar. Dan tiap balancer akan menyetabilkan atau meminialisir getaran tersebut (itu sebabnya ada balancer stang, balancer halu-halu, hingga balancer velg).

Alasan lain mengapa ada part penyeimbang velg tersebut adalah karena velg memiliki beban yang tidak rata, sehingga riskan akan terjadi oleng pada putaran yang tinggi.

Dengan demikian maka tak heran bila motor dengan konsep kencang akan disematkan part tersebut. Dengan demikian pula maka part tersebut memiliki fungsi yang cukup vital dan bukan sekedar variasi motor.

Nah dengan membaca sedikit informasi di atas, tentunya kita akan semakin waspada bukan bila part tersebut hilang baik itu karena terjatuh maupun diambil orang yang tidak bertanggung jawab.

Dengan demikian satu part tersebut musti kita perhatikan lebih ekstra lagi agar tidak hilang dan malah membuat kita kehilangan salah satu part penting pada motor kita.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai disini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.


Belum ada Komentar untuk "Apa Fungsi Besi Kecil Pada Velg Motor?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel