Alasan Mengapa Kita Harus Berhati-Hati Saat di Tikungan




Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel satupiston.com, kali ini kita akan membahas mengenai alasan mengapa kita harus berhati-hati ketika tengah melewati tikungan di jalan raya.


Sebagai sesama penunggang kuda besi beroda dua tentunya kita pernah menemukan berbagai kontruksi jalan. Baik itu jalan lurus maupun jalan berkelok, jalan mulus serta jalan yang bergelombang.

Teruntuk jalan berkelok atau jalanan yang memiliki banyak tikungan, mungkin kita pernah bernafsu untuk melahap tikungan tersebut dengan gaya cornering khas rider moto Gp semisal knee down, elbow, old school, body out, dan gaya lain yang biasa dipergunakan dalam melahap tikungan.

Namun kendati jalanan di Indonesia banyak kelokan yang aspalnya mulus-mulus dan sepi, nyatanya bukan alasan kita untuk melakukan cornering pada tikungan dengan cara tidak santuy (santun).

Seperti pada gambar berikut.

Alasan Mengapa Kita Harus Berhati-Hati Saat di Tikungan

Terlihat bahwa mobil terguling di area tikungan di salah satu jalanan di Cikalong Kabupaten Bandung Barat.

Bila dilihat secara seksama, sempat ada titik pengereman yang cukup dalam sebelum akhirnya mobil terguling di tikungan tersebut.

Nah masalahnya adalah ketika kami riding di jalanan tersebut, tak jarang banyak pemotor yang melahap tikungan indah dan menggoda tersebut dengan tarikan gas yang tidak tipis-tipis.

Banyak yang memilih melakukan gaya cornering yang cukup ekstrim di jalanan yang berkelok seperti gambar di atas. Bila tidak ada pengguna jalanan lain mungkin tak menjadi masalah, namun tak jarang juga terdapat pengendara lain yang malah sedikit terkejut dengan akselerasi cukup agresif yang dilakukan oleh pengendara lain tersebut.

Mungkin kita pernah melihat jika ada pengendara yang celaka atau ikut celaka karena aksi konyol pengendara lain? Nah hal tersebutlah yang harus diperhatikan dan difikirkan oleh kita yang hendak berbuat tidak santuy di tikungan.

Kasarnya boleh ugal-ugalan, asal jangan bebankan atau merugikan pengendara lain. Karena jika hal tersebut membuat orang lain celaka atau malah diri kita saja yang celaka, tentunya ada kerugian baik moral maupun moril untuk kita.

Untuk itu, kami sarankan untuk lebih berhati-hati dan lebih santuy bila kita berkendara di tikungan yang memang menggoda untuk kita melakukan aksi cornering.

Memang celaka hanya Tuhan yang tentukan, namun kita juga punya andil dalam mendekatkan nyawa kita pada Tuhan.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, semoga artikel singkat ini bisa membuat gaya berkendara kita menjadi lebih santuy. Akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Belum ada Komentar untuk "Alasan Mengapa Kita Harus Berhati-Hati Saat di Tikungan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel