Ukuran Per Sentri Beat Karbu Berapa RPM ???

Ukuran per sentri Beat karbu berapa RPM? Jangan terkecoh, per sentri bukan per CVT yang biasa kita kenal. Jadi keduanya memiliki perebdaan.

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai ukuran per sentri Beat karbu.

 

Selain dari pada per CVT, masih ada per sentri yang biasanya kerap diubah oleh para modifikator agar tarikan motor lebih ngacir.

 

Namun kami cukup miris juga ketika ada yang berkata bahwa per sentri ini adalah per CVT. Ya tidak salah juga karena memang ada di bagian CVT.

 

Tetapi jika YANG DITUNJUK adalah per CVT yang besar dan hanya 1 buah, itu bukan per sentri dan pasti kode part antara per sentri serta per CVT itu berbeda.

 

Per sentri sendiri adalah pegas sentrifugal yang ada di bagian kampas kopling atau kampas ganda motor matic.

 

Fungsi per sentri motor matic ini adalah untuk membuka dan menutup kampas ganda pada motor matic.

 

Ukuran Per Sentri Beat Karbu Berapa RPM?

Ukuran per sentri Beat karbu adalah di bawah 1000 RPM atau sekitar 800 RPM. Sebenarnya antara tingkat keras suatu pegas dengan RPM (rotasi per menit) ini korelasinya kurang kena.

 

Pasalnya, satuan ukuran tingkat kekerasan suatu pegas bukanlah RPM. RPM sendiri merupakan bentuk dalam mengukur banyaknya putaran dalam waktu 1 menit.

 

Adapun jika bicara korelasi, biasanya tingkat keras suatu pegas dinyatakan dalam RPM jika pegas tersebut mampu bekerja pada RPM tertentu.

 

Misal jika per sentri ada di ukuran 800 RPM, maka per setri tersebut akan bekerja saat putaran mesin memasuki RPM 800 putaran per menit.

 

Oleh karenanya, jangan heran jika di suatu motor yang sama-sama per sentrinya 800 RPM, tingkat kekerasannya berbeda.

 

Persamaan Per Sentri Beat Karbu

Kita bisa bereksperimen dengan beberapa motor lain mengenai per sentri motor. MIsal, Beat Karbu bisa juga menggunakan beberapa per sentri dari motor lain seperti milik:

  • PCX 150
  • Vario 125
  • Vario 150
  • ADV 150
  • Aerox 155
  • Nmax 155

 

Kode Part Per Sentri Beat Karbu

Ukuran Per Sentri Beat Karbu Berapa RPM ???
Sumber: tokopedia.com

Salah satu per sentri yang bisa dipasangkan pada Beat Karbu adalah per sentri dengan kode 22401-KVY-900 milik Astra Honda Motor.

 

Karena merupakan milik Astra Honda Motor, sudah jelas ini merupakan per sentri original dan bukan per sentri aftermarket.

 

Fungsi Per Sentri Beat Karbu Keras dan Lembek

Sebenarnya sudah dibahas sebelumnya jika fungsi per sentri adalah untuk membuka dan menutup kampas ganda pada motor matic.

 

Namun dari segi performa, per sentri ini berkebalikan dengan per CVT yang biasa kita kenal.

 

Jika PER CVT menggunakan yang lembek, maka tarikan bawah akan lebih loyo namun putaran atas akan lebih panjang. Sedangkan jika menggunakan yang lebih keras, maka tarikan awal akan lebih baik tapi top speed atau putaran atas akan berkurang.

 

UNTUK PER SENTRI, semakin lembek per-nya, maka tarikan awal akan lebih responsif dan putaran atas akan jadi loyo. Sedangkan jika menggunakan yang lebih keras, maka tarikan awal akan jadi loyo dan putaran atas akan jadi lebih panjang.

 

Perhatikan, pastikan kita sudah melakukan ubahan lain jika hendak ganti per CVT dan per sentri. Sebab jika sampai hanya mengganti per CVT dan per sentri saja dengan ukuran yang keras, maka efeknya motor akan jadi lemot di putaran bawah dan ngambang di putaran atas.

 

Jadi ubahan pada per CVT dan per sentri ini bukan ubahan yang sendiri melainkan perlu dukungan dari ubahan sektor lain, seperti melakukan bore up, ganti CDI, ganti roller, ganti knalpot, dll.

 

Perbedaan Per CVT dan Per Sentri Motor Matic

Seperti yang disebutkan sebelumnya, per CVT dan per sentri ini meski sama-sama ada di CVT namun ada bedanya. Perbedaan tersebut kami rangkum di bawah ini:

1. Perbedaan Ukuran

Per CVT biasanya memiliki ukuran yang jauh lebih besar dari per sentri. Sepintas, per sentri ini bentuknya lebih mirip dengan per pengait pada kampas rem tromol.

2. Perbedaan Jumlah

Per CVT hanya berjumlah 1 saja. Sedangkan per sentri biasanya ada 3 buah dan kecil-kecil.

3. Perbedaan Fungsi

Per CVT bertugas merenggangkan bagian secondary sliding sheave atau puli belakang. Sedangkan per sentri bertugas merenggangkan kampas ganda atau kampas kopling motor matic.

4. Perbedaan Harga

Secara umum, per CVT biasanya punya harga yang lebih mahal dari per sentri. Ini tidak terlepas dari dimensi keduanya yang cukup terpaut jauh.

5. Perbedaan Posisi atau Letak

Letak per CVT ada di bagian puli belakang, sedangkan per sentri ada di bagian kampas ganda atau kampas kopling motor matic.

6. Perbedaan Karakter

Seperti yang disinggung sebelumnya, per CVT yang lembek lebih responsif di putaran atas, begitu juga sebaliknya. Sedangkan per sentri yang lembek lebih responsif di putaran bawah, begitu juga sebaliknya.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....