Arti CVT Kosongan pada Motor Metik Itu Apa Ya?

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai arti CVT kosongan pada motor metik.

 

Apakah kalian pernah mendengar CVT kosongan? Biasanya CVT kosongan ini kerap diperjual belikan dengan status bekas dan kadang bekas modifikasian.

 

Meski ada juga yang menjual CVT kosongan ini dengan status masih baru dan belum pernah dipakai.

 

CVT sendiri pada motor metik merupakan salah satu komponen penting dan letaknya biasa ada di bagian kiri dan cukup menonjol.

 

Karena letaknya ada di sebelah kiri, maka tidak heran jika banyak yang menyebut modif kirian atau upgrade kirian ketika memodifikasi bagian CVT ini.

 

Lalu, CVT kosongan ini artinya adalah apa?

 

Apa Itu CVT Kosongan?

Arti CVT kosongan adalah blok CVT motor metik yang berstatus hanya bloknya saja tanpa perlengkapan lain semisal kick starter, roller, v-belt, dan lain sebagainya yang biasa terdapat pada CVT.

 

Karena statusnya kosongan, maka CVT ini belum siap untuk dipakai dan tentu tidak dapat menghidupkan motor dengan cara diselah atau dikick starter.

 

Kenapa Ada Yang Jual CVT Kosongan?

Salah satu alasan dari adanya yang jual CVT secara kosongan adalah karena memang ada yang butuh CVT dengan status kosongan tersebut.

 

Kenapa? Biasanya CVT kosongan ini diburu untuk keperluan oprekan, jadi dari pada ngoprek CVT yang ori bawaan pabrik, banyak yang memilih untuk menggunakan CVT kosongan baik itu yang aftermarket maupun copotan.

 

Terlebih untuk tujuan oprekan, CVT kosongan ini akan sangat fleksibel karena pada akhirnya bagian jero CVT akan dimodif sendiri oleh sang pembeli dengan memasukan part-part yang memang sekiranya dibutuhkan.

 

Harga CVT Kosongan Berapa?

CVT kosongan biasanya dibanderol dengan harga yang relatif lebih murah bila dibandingkan dengan membeli blok CVT yang sudah seabrek dengan jeroannya.

 

Terlebih untuk CVT yang bekas, biasanya harganya akan lebih murah lagi yakni berkisar di 200 – 300 ribuan saja.

 

Tapi untuk CVT kosongan yang original atau aftermarket yang statusnya baru, harganya bisa mencapai 600 ribuan – 1 juta rupiah.

 

Apa Yang Biasanya Dimodif Pada CVT?

Arti CVT Kosongan pada Motor Metik Itu Apa Ya?
CVT Yamaha Freego


Ada beberapa hal yang biasanya dimodif pada  CVT. Beberapa di antaranya adalah:

  • Roller
  • Per atau pegas CVT
  • Mangkuk ganda
  • V-belt
  • Dll

 

Apakah Modifikasi CVT Efektif Naikan Performa?

Lanjut ke pertanyaan, apakah memodifikasi CVT ini efektif menaikan performa motor metik kita? Jawabannya adalah tidak, jika yang kita harapkan adalah putaran atas dan bawahnya meningkat pesat.

 

Biasanya upgrade  CVT ini hanya meningkatkan salah satu performa, baik itu di putaran atas atau bawah. Tetapi biasanya upgrade CVT ini lebih condong ke mendongkrak performa putaran bawahnya.

 

Oleh karenanya, biasanya upgrade CVT ini dijadikan opsi agar motor metik lebih ngacir di tanjakan atau pun di jalanan yang kerap macet.

 

Agar lebih optimal dalam hal adu cepat, tentu upgrade CVT saja tidaklah cukup. Kebanyakan orang akan memilih melakukan bore up atau oversize piston, remap ECU atau ganti ECU, ganti knalpot, ganti karbu jika masih karbu, dan lain sebagainya.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....



x