-->
★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Cara Menghidupkan Motor Injeksi Tanpa Aki, Begini Caranya

 

Cara Menghidupkan Motor Injeksi Tanpa Aki, Begini Caranya

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai cara menghidupkan motor injeksi tanpa aki.

 

Aki pada motor terkini terbilang sangat penting perannya, terlebih untuk motor injeksi yang tanpa menggunakan sistem kick starter.

 

Pada motor injeksi tanpa kick starter, cara menghidupkan elektrik starter ya harus menggunakan suplai listrik dari aki.

 

Aki sendiri adalah accu atau acculumator, dimana fungsi dari aki sendiri ada dua yakni untuk menyuplai listrik pada beberapa komponen yang membutuhkan serta untuk menampung daya listrik yang dihasilkan oleh alternator dan diatur oleh regulator.

 

Masalah akan muncul ketika sistem kelistrikan termasuk aki mengalami masalah dimana aki bisa saja sudah drop atau kekurangan setrum.

 

Baca JugaBeda Aki Soak dan Kurang Setrum, Pahami Baik-Baik Sob !!!

 

Lalu bagaimana cara menghidupkan motor injeksi tanpa aki?

 

Catatan: sebaiknya gunakan aki meskipun drop, lebih baik lagi ganti aki yang sudah drop dengan aki baru. Masalahnya, jika aki tidak dipasang atau aki drop dibiarkan dalam jangka waktu lama, maka dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen lain (terlebih pada sistem kelistrikan berjenis DC).

 

Tanpa berlama-lama lagi, berikut cara menghidupkan motor injeksi tanpa aki:

1. Gunakan Kick Starter

Jika motor injeksi kalian masih mengaplikasikan sistem kick starter atau engkol atau selahan, maka komponen ini dapat dimanfaatkan.

 

Kita cukup injak saja kick starter hingga mesin berputar, jangan lupa juga masukan kunci kontak dalam posisi hidup atau “on”.

 

Meski aki habis, namun memposisikan kunci kontak dalam posisi on dapat membuat mesin hidup dengan cara diengkol atau kick starter.

 

2. Gajrug !

Dalam bahasa Sunda, metoda ini disebut gajrug. Sedikit susah untuk dideskripsikan. Tetapi cara ini hanya berfungsi pada motor non metik atau yang bukan metik.

 

Jika motor kita adalah motor berkopling dan tidak memiliki kick starter seperti R15, CBR 150, GSX R150, dan sejenisnya, maka kita harus cabut dulu soket atau sambungan pada kabel di kopling.

 

Kabel sensor transmisi pada kopling ini fungsinya adalah untuk tidak menghidupkan mesin saat transmisi sedang tidak dalam keadaan netral.

 

Jadi dalam cara ini kita memang harus memasukan gigi atau dalam kata lain tidak dalam posisi netral.

 

Jadi jika caranya adalah masukan gigi pada posisi 2 atau 3 atau 4 lalu tengkep kopling motor (untuk motor bergigi tanpa kopling manual, tekan tuas persenelingnya).

 

Kemudian lajukan motor (boleh dengan cara didorong orang atau lebih enak lagi di jalan yang sedikit menurun dan kita menaiki motornya).

 

Setelah motor sedikit melaju, selanjutnya lepas kopling dan biarkan mesin motor melaju. Jika sistem pengapian dan sistem injeksi normal, maka cara ini akan berhasil meski pun aki tengah drop.

 

Baca JugaCara Menghidupkan Motor Injeksi Tanpa Aki, Begini Caranya

 

Sebagai catatan, cara kedua ini tidak akan berhasil untuk motor berjenis metik. Pasalnya motor metik tidak ada sistem giginya, sehingga cukup susah untuk menggunakan cara ini.

 

Catatan: Untuk beberapa motor terutama yang sistem pengapiannya berarus DC, cara ini tidak akan berhasil, sebab motor harus memiliki aki dengan minimal tegangan 5 volt.


Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


x