★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Motor Tanpa Selahan Akinya Tekor??? Begini Cara Menghidupkannya

Motor Tanpa Selahan Akinya Tekor??? Begini Cara Menghidupkannya


Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai cara menghidupkan motor tanpa selahan yang akinya tekor.


Sob, motor-motor sport biasanya sudah tidak dibekali dengan selahan atau engkol atau kick starter.

Contohnya saja Yamaha R15, CBR 150, serta GSX  R150. Untuk menghidupkan mesin, motor-motor yang sudah kita sebutkan sebelumnya harus dihidupkan melalui starter otomatis yang terletak pada saklar stang sebelah kanan.

Starter tersebut memang disinyalir lebih praktis dan keren karena sekali pencet motor langsung wusssss-wussssss. Namun penggunaan starter otomatis juga memiliki kelemahan.

Kelemahan tersebut adalah bahwa starter otomatis menghabiskan cukup banyak daya pada aki motor, sehingga berpotensi menyebabkan aki cepat tekor.

Oh iya, kami sebelumnya sudah membuat artikel mengenai penyebab aki motor tekor, silahkan baca artikelnya ya siapa tahu bermanfaat hehe.

Kembali lagi ke topik soal motor yang tanpa selahan mengalami aki yang tekor. Nah pada motor-motor yang sudah kita sebutkan sebelumnya, jika aki tekor maka untuk menghidupkan mesin motor akan menjadi sulit karena tidak ada selahannya.

Selain itu, ketika hendak menghidupkan motor dengan cara digajrug atau memajukan motor kemudian memasukan gigi, hasilnya pun akan sia-sia karena motor tetap tidak mau menyala.

Namun kami punya sedikit tipsnya nih sob untuk menghidupkan motor yang akinya tekor dan motor tidak ada selahannya.

Jadi pada proses gajrug yang sudah kita sebutkan sebelumnya, motor tidak mau menyala karena ada kabel pada tuas kopling yang berfungsi untuk menahan nyala mesin ketika posisi gigi tengah masuk dan kita tidak menengkep kopling. Artikel lengkap soal kabel tersebut silahkan baca di sini.

Memang mengesalkan namun kabel tersebut memiliki fungsi yang mulia yakni mencegah insiden ketika kita lupa tidak menetralkan transmisi dan kemudian kita menyalakan kendaraan bermotor.

Untuk suskses melakukan gajrug dan membuat motor yang akinya tekor menyala, kita tinggal copot saja kabel yang ada di tuas kopling.

Jangan digunting ya, karena itu tindakan anarkis wkwk. Ikuti saja alur dari kabel tersebut, nantinya akan ada soket yang menyambungkan kabel, buka saja soketnya nanti kabel akan terlepas dan sensor kopling kan otomatis tidak berfungsi.

Hasinya adalah kita jadi bisa menghidupkan motor  dengan cara digajrug. Proses gajrug ini jangan dilakukan secara ekstrem.

Kita cukup masukan gigi motor ke gigi 5 atau 6, kemudian tengkep kopling dan majukan motor kita, boleh minta dorong atau pajukan di jalan yang agak menurun.

Setelah motor mulai melaju, lepas koplingnya dan biarkan menyala. Perlu diingat ya sob, melakukan gajrug pada motor berkopling manual akan lebih susah ketimbang melakukan gajrug motor dengan kopling otomatis, jadi kalian bersabar saja ya hehe.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript