-->

Ukuran Gear CB150R Old, Lumayan Besar Ternyata !!!

Ukuran Gear CB150R Old, Lumayan Besar Ternyata !!!
Ilustrasi

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai ukuran gear dari CB150R old.

 

CB150R old merupakan motor dari pabrikan Astra Honda Motor (AHM) yang memiliki desain street fighter berkubikasi 150 cc.

 

Untuk sekarang sendiri CB150R old sudah tidak dipasarkan lagi oleh Astra Honda Motor (AHM) karena telah digantikan oleh penerusnya yakni CB150R Facelift.

 

Honda CB150R kadang disebut juga sebagai CB150R old atau v1, karena memang generasi ini sudah mulai tua dan merupakan generasi pertama dari “reborn-nya” brand CB dengan kubikasi di kelas 150 cc.

 

Di awal kemunculannya CB150R ini menjadi kompetitor dari Vixion dan menjadi penerus dari Honda New Mega Pro.

 

Well back to the point, kira-kira berapa ya ukuran gear dari CB150R old?????

 

Kurang lebih adalah sebagai berikut:

Ukuran gear CB150R old adalah 428-15/45. Maksudnya adalah ketebalan gearnya 428, lalu gear depan berukuran 15 gigi dan gear belakang berukuran 45 gigi.

 

Jika ukurannya adalah 15, maka gear tersebut memiliki 15 mata atau gigi dalam satu lingkarnya. Pun begitu jika ukurannya adalah 45, maka gear tersebut memiliki 45 mata atau gigi dalam satu lingkarnya.

 

Baca JugaUkuran Gear CB150R Facelift, Segini Ternyata !!!

 

Nah karena ketebalannya adalah 428, maka rantai pun harus berukuran 428 juga agar nantinya bisa pas dan masuk pada gear.

 

Baca Juga3 Perbedaan Rantai SSS 415 dan 428, Mudah Kok Bedainnya

 

Sekedar informasi, gear sendiri sanggup bertahan hingga masa pakai sejauh 25.000 Km – 30.000 Km, tetapi pada kasus-kasus tertentu, gear dapat lebih cepat rusak.

 

Penyebab cepat rusaknya gear dapat diakibatkan karena perawatan yang tidak baik, jarang terlumasi, hingga gaya berkendara yang kurang tepat (sering nyentak kopling).

 

Nah jika kita hendak melakukan pergantian pada sektor gear, sebaiknya lakukan ubahan secara satu set termasuk rantai, gear depan, dan gear belakang.

 

Jadi walau nantinya yang rusak hanya gear depan, maka kita harus melakukan pergantian dengan gear belakang plus rantainya.

 

Mengapa demikian? hal tersebut bertujuan agar rantai dan gear dapat singkron dan tidak saling menolak karena posisi mata yang tidak singkrong (posisi mata atau gigi yang tidak singkrong dapat diakibatkan karena gear atau rantai yang sudah aus).

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Pesan Sponsor

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x