-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

3 Perbedaan Rantai SSS 415 dan 428, Mudah Kok Bedainnya


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan rantai SSS 415 dan 428.

 

SSS atau triple S merupakan salah satu brand rantai motor yang cukup terkenal di Indonesia. Yups, walau rantai dengan merek SSS ini merupakan brand atau merek asal negara tetangga kita yakni Malaysia, namun entah bagaimana ceritanya (pura-pura gak tau ah), merek SSS terutama pada produk rantai bisa sangat terkenal dan banyak direkomendasikan di Indonesia.

3 Perbedaan Rantai SSS 415 dan 428, Mudah Kok Bedainnya
Sumber: tokopedia.com


Nah, sama seperti varian merek rantai motor lain, SSS ini juga punya banyak varian yang disesuaikan dengan jenis motor kita.

 

Baca Juga: 10 Jenis Rantai Motor, Sesuaikan Dengan Kebutuhan Sob !!!


Tetapi kadang karena kita tidak tahu mengenai jenis-jenis rantai motor, kita malah jadi bingung untuk membeli tipe rantai yang mana.

 

Baca Juga3 Perbedaan Rantai 130L dan 140L


Perlu diingat bro, rantai SSS dengan tipe 415 ini sangat berbeda dengan rantai SSS dengan tipe 428. Jadi jika kita sampai salah beli, imbasnya adalah rantainya jadi tidak dapat dipasangkan pada motor kita.

 

Baca Juga5 Perbedaan Rantai 428 dan 428H, Pilih Yang Mana?


Lalu, apa perbedaan rantai SSS 415 dan 428? Berikut perbedaannya:

1. Perbedaan Ketebalan

Yang pertama dan yang paling mendasar adalah perbedaan dari segi ketebalan. Yups, 415 dan 428 pada rantai SSS merupakan kode ukuran.

 

Yang mana angka 4 di awal kode merupakan tanda bahwa rantai tersebut memiliki panjang tiap pin berukuran 4/8 inchi atau 12.5 mm.

 

Sedangkan, angka kedua dan ketiga yakni 15 (dari 415) serta 28 (dari 428) merupakan ukuran ketebalan dari rantai tersebut atau disebut juga sebagai inner plate (jadi tiap mata rantai kan ada dua sisi yakni sisi luar dan sisi dalam, nah inner plate ini merupakan ukuran dari luas sisi dalam yang nantinya akan peling "menjepit" mata gear).

 

3 Perbedaan Rantai SSS 415 dan 428, Mudah Kok Bedainnya
Sumber: sepeda.me

Pada intinya rantai SSS dengan ukuran 428 memiliki ketebalan yang lebih besar bila dibandingkan dengan rantai SSS dengan kode ukuran 415.

 

Nah pada poin ini, meski 428 lebih tebal dari 415, bukan berarti rantai dengan ukuran 428 bisa dipasangkan pada gear dengan ketebalan 415.

 

Meski mungkin bisa dipasang, tetapi saat digunakan akan terlalu longgar (mudah goyang ke kiri dan ke kanan), jadi dalam penggunaan sehari-hari kurang direkomendasikan.

 

2. Perbedaan Peruntukan

Yang kedua adalah perbedaan peruntukan, dimana rantai SSS dengan ketebalan 415 hanya diperuntukan untuk gear set berukuran 415 lagi.

 

Sedangkan rantai SSS dengan ukuran 428, juga diperuntukan untuk gear set berukuran 428. Seperti yang sudah kita singgung pada sub bab di atas, bahwa rantai ini tidak dapat saling tukar ukuran dan hanya dapat dipasangkan sesuai dengan ukuran gearnya.

 

Jadi jika sampai kita salah beli, tentunya rantai tersebut akan mubazir karena tidak dapat terpasang.

 

Nah gear dan rantai berukuran 415 sendiri biasanya digunakan pada motor bebek, sedangkan gear dan rantai dengan ukuran 428 biasanya digunakan untuk motor yang lumayan besar (meski tidak selamanya demikian).

 

3. Perbedaan Harga

Jika kita bandingkan dari segi harga, misal tipe rantai SSS yang memiliki tipe sama, misal rantai SSS dengan tipe H dan panjangnya pun sama-sama 130L, tetapi ketebalannya berbeda yang mana ada yang memiliki ketebalan 415 dan ada yang memiliki ketebalan 428.

 

Pada kasus ini, sudah dapat dipastikan bahwa rantai dengan ketebalan 428 akan memiliki harga yang sedikit lebih mahal dengan rantai berukuran 415.

 

Jadi buat kalian yang cari rantai dengan harga ekonomis lalu melihat rantai berukuran 415 yang memiliki harga murah, maka jangan cepat-cepat langsung dibeli !! Pasalnya jika sampai salah beli (misal karena gearnya berukuran 428), maka rantai tidak akan muat ke gearnya.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript