-->

★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★


7 Keluhan Pengguna Sonic 150, Kira-Kira Apa Saja Ya ???

7 Keluhan Pengguna Sonic 150, Kira-Kira Apa Saja Ya ???

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai keluhan pengguna Sonic 150.

 

Sonic 150 merupakan salah satu varian motor dari Astra Honda Motor (AHM) yang memiliki desain atau aliran ayam jago.

 

Honda Sonic 150 sendiri reborn pada tahun 2015 dan mencoba menjegal penjualan dari Suzuki Satria F150 yang kala itu memang tengah melejit penjualannya.

 

Soal spek mesin, Honda Sonic 150 ini dapat dibilang memiliki spek yang cukup tinggi untuk ukuran mesin 150 cc.

 

Bayangkan saja, Sonic 150 ini sudah menggunakan mesin dengan jenis 4 langkah, bercamshaft DOHC dengan 4 katup, serta sudah dilengkapi dengan pendingin udara atau radiator.

 

Pada sisi dapur pacu, Honda Sonic 150 ini mengusung kapasitas mesin sebesar 149.16 cc dengan diameter silinder sebesar 57.3 mm, sedangkan stroke atau langkahnya adalah sebesar 57.8 mm (wah square engine type nih).

 

Dilihat dari segi performa, daya terbaik dari Sonic 150 ini adalah sebesar 11.8 KW pada putaran 9000 rpm, sedangkan torsi terbaiknya adalah sebesar 13,5 Nm pada putaran 6500 rpm.

 

Well, meski terlihat sangat “wah” dari sisi spesifikasi, tetapi yang namanya produk buatan manusia pasti memiliki kelemahan.

 

Dan kelemahan tersebut juga kadang kami keluhkan selama 5 tahun pemakaian Honda Sonic 150 ini.

 

Note: Artikel ini tidak untuk menjatuhkan suatu produk.


So, apa saja sih keluhan dari pengguna Honda Sonic 150 ??? simak baik-baik ya sob.

 

1. Kopling Sering Selip

Yang pertama adalah mengenai kopling yang sering selip. Hal ini tidak hanya dirasakan oleh kami, banyak pula yang merasakan hal ini.

 

Honda Sonic 150 sendiri termasuk motor yang memiliki torsi besar yakni sebesar 13.5 Nm untuk torsi terbaiknya. Oleh karenanya jangan heran jika kita harus apik dalam memainkan kopling dan juga harus “ekstra” dalam memilih oli baik dari takaran hingga kekentalannya.

 

Baca JugaSatria F 150 Dan Honda Sonic 150, Beda Pabrikan Namun Punya Satu Penyakit Yang Sama

 

Karena jika kita lengah, dengan mudah kampas kopling, kaki empat, lawan kaki empat, pelat gesek, dan komponen kopling lain akan aus dan membuat kopling jadi mudah selip parah.

 

2. Kabel Kunci Kontak Yang Mudah Putus

Nah keluhan ini sebenarnya akan kami lontarkan dengan sedikit kejengkelan. Pasalnya adalah sudah beberapa kali kami mengalami putus kontak pada Honda Sonic 150 dan menyebabkan motor mati total.

 

Jika tengah dekat rumah dan dalam siang hari mungkin tidak begitu merepotkan, tetapi jika jauh dari rumah dan kondisi sudah malam, tentu perbaikan putus kunci kontak dengan cara paling simple pun akan cukup sulit (cara simpelnya adalah dengan menyatukan dua kabel positif pada kunci kontak).

 

Baca Juga:  Mengungkap Kenapa Kunci Kontak Honda Sonic 150R Mudah Putus Kabel

 

3. Radiator Bermasalah

Secara umum fungsi dari radiator Sonic 150 ini bekerja dengan baik. Ketika mesin bekerja dengan suhu yang tidak normal, maka kipas akan menyala dan radiator akan bekerja keras untuk menormalkan suhu kerja mesin.

 

Tetapi, dari apa yang kami rasa, cairan radiator dari Honda Sonic 150 sering sekali berkurang dengan cepat. Selain itu, kami juga beberapa kali mengalami kebocoran seal pada blok mesin dan membuat cairan radiator bocor.

 

Well, mungkin ini tidak dialami oleh semua user Sonic 150. Tetapi kami beri tips saja biar tidak kejadian seperti ini, usahakan kita periksa secara lebih rutin misal 2 bulan sekali kita cek kapasitas dari cairan pendingin Honda Sonic 150 kita.

 

Tujuannya adalah supaya kita dapat mengantisipasi terjadinya kekurangan cairan pendingin yang dapat menyebabkan kerusakan lebih parah pada unit motor.

 

4. Rantai Keteng Mudah Kendor (Ngelotok)

Sejatinya mesin dari Honda Sonic 150 cukup identik dengan CBR 150 Facelift hingga CB150 gen 2. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan beberapa jeroan mesin yang dapat ditukar pakai antara CBR 150 Facelift dengan Honda Sonic 150.

 

Nah untuk penyakit khas dari CBR 150 adalah terjadinya ngelotok atau bunyi klotok-klotok pada area mesin karena rantai kamprat atau rantai keteng yang mudah kendur.

 

Saran kami, dari pada mengalami kerusakan lebih parah berupa klep bengkok karena rantai keteng terlempar dari gearnya, lebih baik segera perbaiki masalah klotok-klotok tersebut ke AHS atau bengkel AHM terdekat.

 

Masalahnya adalah, jika sampai piston atau klep bermasalah akibat klotok-klotok yang dibiarkan, maka akan cukup susah untuk mencari part yang bersangkutan tersebut termasuk pada bengkel AHM atau AHS sekali pun.

 

5. Leher Knalpot Berlubang

Leher knalpot (header) yang dekat dengan area mesin sangat rawan terkena karat. Oleh karena itu, maka jangan heran jika karat tersebut dibiarkan, maka akan menyebabkan lubang (karena keropos) pada area lekukan header atau leheran knalpot.

 

6. Komstir Mudah Oblak

Nah keluhan lain yang sering kami dengar dan yang juga kami alami adalah masalah komstir atau conroad atau com steer yang oblak.

 

Bearing kemudi ini memang sejatinya akan mudah “goyah” jika dipakai untuk menghantam jalanan yang tidak rata dengan kecepatan tinggi.

 

Tetapi dalam beberapa kasus, oblaknya area komstir ini bukan terjadi karena komstirnya yang sudah aus atau rusak, tetapi terjadi karena as kemudi atau baut kemudi (yang ukurannya besar itu) yang kurang kencang.

 

Saran kami, jika terjadi oblak pada area kemudi, maka stel terlebih dahulu komstirnya baik dari stelannya maupun pada bautnya. Siapa tahu ada yang longgar.

 

7. Warna Cat Mudah Kusam

Yang  terkahir adalah warna cat yang mudah pudar terlebih untuk motor yang sering digunakan untuk keperluan harian.

 

Well, salah satu opsi untuk mengatasi ini adalah dengan rajin-rajin mencuci motor dengan sabun khusus serta jangan biarkan motor berada di bawah terik mata hari  langsung.

 

Nah meski Honda Sonic 150 ini terdengar banyak keluhan atau kelemahannya, tetapi tenang saja. Kelebihannya juga banyak kok.

 

Apa saja memang kelebihan dari Honda Sonic 150? Tidak akan kami bahas secara detail di sini, tetapi kami coba rangkum ya kelebihan dari Honda Sonic 150 yang kami rasakan:

1. Desain yang modern dan sporty termasuk velgnya yang kekinian.

2. Kelistrikan yang jarang bermasalah dan cenderung termasuk motor yang userly dalam hal kelistrikan (kecuali kasus putusnya kabel kontak ya, itu masalahnya di kebelnya yang rapuh).

3. Performanya dapat diandalkan.

4. Seal shock yang jarang bocor.

5. Buat dipakai kencan tidak malu-maluin lah (segmen remaja loh ya haha).

6. dll.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel