★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

√ Minyak Rem Motor Bocor? Periksa Seal Master Remnya !!!!


Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai minyak rem motor yang bocor.  Pada artikel yang telah lampau, kita juga sempat membahas mengenai kebocoran dari minyak rem pada motor, dan masalah yang dahulu kita bahas adalah pada karet  tutup minyak rem.


Untuk artikel sekarang, kita akan membahas dari sisi kerusakan atau kebocoran dari seal master rem.

Sebetulnya kebocoran dari minyak rem pada motor bisa disebabkan oleh banyak faktor sob. Misalnya saja mulai dari kabel yang bocor, kaliper yang bocor bagian sealnya, serta pada seal master rem maupun pada tutup minyak remnya.

                                                                           
Untuk seal master rem yang bocor sendiri banyak sekali terjadi kasusnya sob. Terutama untuk motor-motor yang sudah tua.  Seal  master rem sendiri letaknya di dekat handle atau tuas rem.

Lebih tepatnya di dalam master rem. Seal ini membungkus “tonjokan” master rem yang fungsi dari seal master sendiri adalah menjaga agar tidak terjadi kebocoran pada master rem.

Oh iya, seal master ini sepaket dengan “tonjokannya” jadi berbeda dengan seal shockbreaker yang bisa dibeli secara terpisah.

Nah bila kalian bingung tentang bentuk dari seal master, silahkan saja lihat gambar di bawah ini.

√ Minyak Rem Motor Bocor? Periksa Seal Master Remnya !!!!
Sumber: Bukalapak.com

Nah dari manual book yang pernah kami baca, seal master rem ini memiliki usia pakai yakni sekitar 2-4 tahun sekali harus diganti.

Pergantian tersebut tidak harus menunggu kebocoran sob. Karena meski tidak bocor, kemungkinan seal master rem bila usianya sudah tua akan berkurang kemampuan menekan minyak remnya.

Nah teruntuk seal master rem yang bocor, biasanya ditandai dengan banyaknya minyak berceceran di area master rem dan tuas rem.

Bila sudah begini, wajib hukumnya untuk segera melakukan pergantian. Karena bila tidak, maka risiko rem tidak berfungsi akan semakin besar.

Oh iya, kalain bisa mengganti seal master rem di rumah atau dilakukan seorang diri. Namun perlu diingat bahwa membuka atau membongkar pasang seal master  rem ini cukup sulit.

“tonjokan” master rem dikunci dengan snap ring. Apa itu snap ring? Snap ring itu adalah ring yang seperti gambar di bawah ini sob:

√ Minyak Rem Motor Bocor? Periksa Seal Master Remnya !!!!
Sumber: Tokopedia.com


Untuk membukanya kita perlu tang khusus, namun kami sendiri jika membuka seal master rem cukup dengan obeng kecil untuk membuka baut Hp yang digurinda hingga ujungnya sangat tajam, sehingga ujungnya dapat digunakan untuk mengerutkan snap ring.

Bagian terpenting dari membongkar seal master rem adalah pada bagian snap ring. Karena bagian seperti tuas dan pemasangan seal master rem tidaklah begitu sulit untuk dibongkar pasang sob.

Oh iya. Jangan lupa untuk siapkan minyak rem tambahan bila kalian mengganti seal master rem, karena pasti minyak rem akan berkurang bila kita membongkar seal master rem.

Buang juga angin palsunya, karena angin palsu pasti akan menjangkit pada sistem pengereman minyak yang minyak remnya berkurang secara signifikan.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini. Akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.
Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Tags:
Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript