★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Cara Ganti Seal Shock Yamaha Byson


Cara Ganti Seal Shock Yamaha Byson


Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membagikan tips dan trik atau dapat juga dikatakan sebagai tutorial dalam cara mengganti seal shock Yamaha Byson.


Pada artikel sebelumnya, kami sudah bercerita mengenai motor Yamaha Byson kami yang akhirnya seal shock depannya bocor. Dan pada kesempatan kali ini, kita akan bahas bagaimana cara mengganti seal shock depan Yamaha Byson.

Artikel ini mungkin akan berguna bagi para Byonic atau penunggang Yamaha Byson lain yang ingin mengganti seal shock Bysonnya sendiri di rumah.

Sebelum ke tahap penggantian atau perbaikan seal shock pada Yamaha Byson, ada baiknya siapkan beberapa alat dan bahan sebagai berikut:

Cara Ganti Seal Shock Yamaha Byson


1. Seal shock.
2. Oli shock breaker depan secukupnya. Untuk oli ini, kami sendiri hanya membeli sebanyak satu bungkus yang terdiri dari 2 botol. Idealnya setiap satu shock depan Yamaha Byson diberi sekitar 3-4 botol oli shock (untuk takarannya lupa). Namun kami sendiri tidak melakukan pengurasan, jadi oli shock lamanya kami tampung dan kami masukan kembali pada shok dan kemudian kami tambah oli shock kurang lebih setengah botol oli shock (kurang lebih produk oli shocknya ada di gambar di atas).
3. Tang.
4. Kunci shock atau T ukuran 10 mm untuk membuka pengunci as shock atas.
5. Kunci ring atau shock atau T ukuran 14 untuk membuka pengunci as shock bawah.
6. Kunci L bintang ukuran 5 (diperlukan jika ingin membuka kaliper pada dudukan shock).
7. Kunci L bintang (lupa ukurannya soalnya kami telah mengganti baut di spakbor depan. Yang jelas kunci L bintangnya berguna untuk membuka spakbor depan).
8. Kunci ring/ pas untuk membuka dudukan kabel rem pada spakbor dan untuk membuka spakbor depan.
9. Kunci L ukuran 8 untuk membuka baut pembuangan oli shock.
10.  Kunci T atau kunci shock atau kunci ring ukuran 17 dan atau 19 untuk membuka as roda depan.
11. Wadah dan corong dengan selang untuk menampung dan memasukan oli shock.

Nah selanjutnya mari kita bahas deh sob bagaimana cara mengganti seal shock Yamaha Byson. Simak langkah-langkah di  bawah ini:

1. Pertama-tama standart  dua kan atau pakai paddock dan jangan lupa ganjal bagian tengah pada Yamaha Byson agar nantinya motor tidak terjungkal ke depan saat roda depan dilepas.
2. Kedua buka spakbor depan dari Yamaha Byson dengan kunci-kunci yang sudah kita siapkan di atas.
3. Selanjutnya buka kaliper rem bila yang akan diganti seal shock adalah bagian shock kanan.
4. Setelah itu buka as roda Yamaha Byson dan sekalian saja lepas rodanya.
5. Setelah itu gunakan kunci L no 8 mm untuk membuka baut pembuangan oli shock yang berada tepat di bawah shock. Jangan lupa siapkan wadah di bawahnya untuk menampung oli shock.
6. Karena membuka baut pembuangan oli shock akan susah dan kemungkinan tabung shock akan ikut berputar, maka kita ganjal dengan as roda namun jangan sampai full. Atau bisa juga ditahan dengan ujung dari kunci T no 10 mm.

Cara Ganti Seal Shock Yamaha Byson
Gambar kondisi shock ketika sudah tidak terisi oli.


7. Setelah oli pada shock habis, selanjutnya kita buka penutup debu yang berada di atas tabung shock. Gunakan obeng min atau alat tipis lain dan buka dengan perlahan.
8. Setelah itu, cari pengunci atau kancing dari seal shock dan keluarkan dengan menggunakan obeng min. Hati-hati karena pengunci ini mudah patah.

Cara Ganti Seal Shock Yamaha Byson


9. Setelah beres, keluarkan tabung shock dari asnya.
10. Jika sudah, akan ada ring yang cukup besar sebanyak 3 buah yang menahan seal shock agar tidak  turun ke bawah. Gunakan obeng min untuk merenggangkan ring agar ring dan seal shock dapat turun ke bawah.
11. Setelah itu buka pengunci as shock bagian bawah dengan kunci ring ukuran 14 dan pengunci as shock atas dengan kunci ukuran 10 . Kemudian lepaskan as shock dari segitiganya.
12. Setelah beres, lanjut ganti seal shock  yang rusak dengan seal shock yang baru. Pasang juga penghalang debunya. Pasang dengan benar sampai ke dalam.
13. Setelah itu gunakan corong dan posisikan shock depan secara terbalik untuk mengisi oli shock melalui lubang pembuangan oli shock.
14. Selanjutnya rakit kembali shock depan seperti semula. Tapi sebelum itu bisa dites dulu apakah sudah sesuai dengan keinginan kita atau tidak.
Nah artikel yang membosankan ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript