Akhirnya Seal Shock Depan Yamaha Byson Bocor Juga, Apa Penyebabnya?


Akhirnya Seal Shock Depan Yamaha Byson Bocor Juga, Apa Penyebabnya?


Assalamu’alaikum.
Pada artikel kali ini, kami akan sedikit bercerita saja mengenai seal shock depan dari Yamaha Byson kami yang bocor.


Salah satu penyakit dari Yamaha Byson selain karbu adalah seal shock depan yang rawan bocor. Hal tersebut juga pernah dialami oleh blogger kondang sekelas Iwan Banaran atau yang lebih dikenal sebagai IWB.

Memang seal shock depan disinyalir rawan bocor karena besarnya diameter shock yang membuat daya vakum-pegas pada shock menjadi lebih besar (ngelantur ini teori kami haha).

Tapi menurut  kami, kemungkinan terbesar yang membuat seal shock bocor adalah karena seringnya motor berada di jalan yang tidak mulus, sering terkena benturan, shock yang diturunkan tingginya, hingga seringnya motor terparkir dengan posisi standart  satu.

Dari beberapa penyebab seal shock Yamaha Byson bocor di atas, salah satu poin yang juga harus diperhatikan adalah kebersihan dari as shock itu sendiri agar tidak baret dan banyak menimbun kotoran atau kerikil pada bagian penutup seal shock.

Oh iya, kembali lagi pada cerita awal mengenai seal shock depan Yamaha Byson kami yang bocor. Saat itu usia motor sudah menginjak 5 tahun dengan jarak tempuh 26.xxx Km-an via oddometer.

Ketika itu kami tengah melakukan perjalanan dari Padalarang Bandung Barat menuju Soreang Kabupaten Bandung. Di jalan Cipatik yang merupakan perbatasan antara Kabupaten Bandung Barat dengan Kabupaten Bandung, motor kami tak sengaja menabrak atau melibas lubang jalanan dengan cukup keras.

Saking kerasnya, posisi duduk kami pun sampai tidak karuan setelah menerjang lubang jalanan tersebut.

Beberapa saat kemudian ban depan terasa oleng, dalam hati kami berkata “aduh apes ini ban pasti bocor”. Kami sempat menepi sebentar untuk mengecek dan syukurlah ban tidak kenapa-kenapa (edisi bawa uang pas-pasan).

Namun betapa ngerinya kami pas telah sampai di Soreang. Dimana baru ketahuan bahwa seal shock depan bocor dengan begitu banyaknya sampai lumer ke velg depan Yamaha Byson kami.

Pantas saja pas di Cipatik motor kami oleh aduh. Nah singkat cerita kami pulang dan sudah sampai di rumah. Esoknya kami bongkar dan ganti seal shock depan Yamaha Byson sendiri dengan membeli seal shock dan oli shock bengkel. Untuk artikel penggantian seal shock depan Yamaha Byson, akan kami bahas di artikel selanjutnya.
Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini. Akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Belum ada Komentar untuk "Akhirnya Seal Shock Depan Yamaha Byson Bocor Juga, Apa Penyebabnya?"

Posting Komentar

Komentarnya Tuan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel