Cara Membuat Karet Tutup Minyak Rem Dari Karet Ban Dalam Bekas




Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai cara membuat tutup minyak rem dari karet ban dalam bekas.


Sebelumnya kita sudah membahas mengenai kebocoran minyak rem karena karet tutup minyak rem yang memuai akibat terkena minyak rem dengan tidak tepat. Dan pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cara membuat karet tutup minyak rem.

Sebetulnya karet tutup minyak rem berharga murah, tidak sampai sepuluh ribu rupiah kita sudah dapat meminangnya. Namun tak semua bengkel menjualnya, terlebih bila kendaraan kita hanya satu, maka untuk “berkelana” mencari karet tutup minyak rem pun rasanya cukup berbahaya bila dipaksakan dengan kendaraan yang minyak remnya bocor tersebut.

Solusinya adalah dengan berbelanja online, namun hal tersebut memakan waktu dan biaya ongkir juga. Jadi solusi lainnya adalah dengan membuat saja karet tutup minyak rem dari karet ban dalam bekas.

Bahan bakunya adalah karet ban dalam bekas. Atau bila tidak ada bisa kita sesuaikan dengan bahan lain misal karet dalam bekas bola sepak.

Pembuatannya pun cukup mudah, kita hanya perlu membentuk karet ban dalam bekas sesuai dengan ukuran dan bentuk dari wadah minyak rem. Kemudian buat lubang  untuk jalur baut, dan tinggal kita tempel saja hasilnya. Bagaimana mudahkan?

Baiklah kita bahas saja secara lebih lanjut.

Pertama siapkan alat dan bahan sebagai berikut:

1. Karet ban dalam bekas, bisa diganti dengan komponen lain namun harus karet.
2. Gunting untuk menggunting dan membentuk karet ban dalam bekas.
3. Paku atau alat lain untuk melubangi karet. Bisa juga menggunakan gunting.
4. Kater untuk merapihkan karet ban dalam bekas.
5. Obeng untuk membuka dan mengencangkan baut.

Cara pembuatannya adalah sebagai berikut.

1. Gunting karet ban dalam bekas sesuai dengan ukuran wadah minyak rem. Usahakan ukuran karet ban dalam tersebut dibuat lebih besar dari wadah minyak rem. Kira-kira ukurannya lebih besar 1-2 cm.

Cara Membuat Karet Tutup Minyak Rem Dari Karet Ban Dalam Bekas


2. Buat lubang pada karet yang sudah kita buat tadi. Karena karetnya lebih besar dari wadah minyak rem, maka buat lubang sesuai dengan jalur baut pengikat pada wadah minyak rem. Usahakan karet berada di tengah wadah.

3. Kemudian setelah selesai, tinggal pasang saja karet yang telah kita buat dan kita lubangi. Hasilnya akan seperti ini:

4. Setelah kita tutup dan pasang baut tutup minyak rem, selanjutnya kita gunakan kater untuk merapihkan sisa karet tadi. Caranya dengan sedikit menarik karet kemudian kita sayat menggunakan kater. Tujuannya adalah agar karet menjadi rapih dan pas dengan ukuran wadah minyak rem.

Cara Membuat Karet Tutup Minyak Rem Dari Karet Ban Dalam Bekas


Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini. Semoga bermanfaat dan akhir kata, sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Karet Tutup Minyak Rem Dari Karet Ban Dalam Bekas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel