Pada Saat Kendaraan Berjalan Maka Yang Paling Berperan Untuk Membantu Proses Pendinginan Adalah Ini

Daftar Isi [Tampil]

Pada saat kendaraan berjalan, maka yang paling berperan untuk membantu proses pendinginan mesin adalah apa? Banyak yang keliru, dan mari kita bahas di artikel ini.

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai sistem pendingin mesin.

 

Di sini, fokus pembahasan diarahkan pada sistem pendingin cairan atau dikenal juga sebagai sistem pendingin radiator.

 

Sistem pendingin cairan sendiri menjadi salah satu sistem pendingin yang kinerjanya sangat baik, terlebih bila dibandingkan dengan generasi sistem pendingin udara.

 

Tak ayal, alasan tersebut sudah jadi alasan kenapa kendaraan bermotor terlebih yang beroda empat pasti sudah menggunakan sistem pendingin ini.

 

Pada Saat Kendaraan Berjalan Maka Yang Paling Berperan Untuk Membantu Proses Pendinginan Adalah

Pada Saat Kendaraan Berjalan Maka Yang Paling Berperan Untuk Membantu Proses Pendinginan Adalah Ini

Tentunya, air radiator atau cairan pendingin jadi salah satu komponen yang paling berperan dalam mendinginkan mesin saat kendaraan berjalan.

 

Namun cairan pendingin tersebut tidak bisa berjalan dan mendinginkan diri begitu saja. Oleh karenanya, ada radiator dan pompa air pendingin  yang berperan aktif dalam membantu proses pendinginan mesin.

 

Pompa air pendingin membantu memompa air pendingin ke komponen lain di mesin, sedangkan radiator berfungsi untuk mendinginkan cairan pendingin yang sebelumnya menjadi panas akibat mendinginkan mesin atau masuk ke area mesin yang suhunya panas.

 

Sedangkan jika nantinya kendaraan berjalan secara pelan atau bahkan diam, maka yang berusaha membantu mendinginkan mesin adalah kipas radiator dan radiator itu sendiri.

 

Kipas radiator yang biasanya terletak di belakang radiator akan membantu mendinginkan radiator.

 

Oleh karenanya, radiator pun bisa dengan lebih maksimal dalam mendinginkan cairan pendingin yang bersirkulasi di areanya.

 

Fungsi Sistem Pendingin pada Kendaraan Bermotor

Salah satu aspek penting pada mesin kendaraan bermotor adalah sistem pendingin.

 

Pasalnya, mesin itu bekerja dengan melakukan proses pembakaran. Artinya adalah akan ada panas yang timbul di dalam mesin.

 

Jika dibiarkan tanpa didinginkan, efeknya adalah mesin bisa saja meleleh karena panas dari proses pembakaran bisa terus meningkat hingga melebur logam pada mesin.

 

Untuk itu, dibuatlah sistem pendingin yang desainnya dan jenisnya beragam. Misalnya saja adalah jenis pendingin radiator yang tengah kita bahas ini.

 

Adapun fungsi utama dari sistem pendingin mesin tentunya adalah mendinginkan mesin atau menjaga suhu mesin tetap di suhu ideal.

 

Jenis-jenis Sistem Pendingin Kendaraan Bermotor

Ada beberapa jenis sistem pendingin kendaraan bermotor, yakni di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Sistem pendingin udara, di mana kontruksi sistem pendingin ini paling senderhana. Cri dari sistem pendingin udara adalah mesinnya yang memiliki rusuk atau sirip
  • Sistem pendingin oli, yakni sistem pendinginan mesin dengan bantuan oli mesin. Kontruksinya lebih komplek dari yang pendingin udara. Namun performanyalebih baik.
  • Sistem pendingin cairan, ini disebut juga sebagai sistem pendingin radiator. Kontruksinya lebih kompleks dari 2 sistem pendingin di atas. Namun soal pendinginan mesin, kinerjanya lebih unggul

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

  Ikuti Kami di  -Google News-

 ⚠  Iklan  ⚠ 

Iklan Tengah Artikel 2


 ⚠  Iklan  ⚠ 

Iklan Bawah Artikel

 ⚠  Iklan  ⚠ 

Suka dengan artikel Satupiston.com? Jangan lupa subscribe kami di Youtube :)