Ukuran Gear Scorpio Z dan Rasio Final Gear Biar Tarikan Enteng serta Kenceng

Ukuran gear Scorpio Z standar dan ukuran gear Scorpio ring 17 itu berapa sih? Temukan jawabannya dalam artikel ini karena kita akan membahasnya.

 

Satupiston.com – Assalamui’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai ukuran gear standar dari Scorpio.

 

Scorpio adalah salah satu varian motor dari pabrikan Yamaha yang mengusung kubikasi mesin di atas 200 cc.

 

Dulu, ini adalah salah satu motor untuk menandingi varian kompetitor yang bernama Honda Tiger yang mengusung mesin di segmen yang sama ( 200 cc ).

 

Kini, memang Scorpio series ini sudah tidak dipasarkan lagi karena peminat motor sport naked di kelas 200 cc-an sudah menurun.

 

Namun bukan berarti sudah tidak ada lagi yang menggunakan motor yang satu ini.

 

Salah satu hal yang ditanyakan oleh para pengguna motor Scorpio adalah mengenai ukuran gear-nya. Lalu, berapa ukuran gear standarnya?

 

Ukuran Gear Scorpio Standar

Ukuran Gear Scorpio Z dan Rasio Final Gear Biar Tarikan Enteng serta Kenceng

Ukuran gear Scorpio Z dan ukuran gear Scorpio ring 17 itu sama yakni di angka 15T/44T. Atau jika dibaca adalah gear depan berukuran 15 mata dan gear belakang berukuran 44 mata.

 

Di kita, jumlah mata gear ini kerap juga disebut dengan gerigi atau pun gigi. Ini mengacu juga pada huruf T di belakang angka.

 

 

Apakah kalian tahu apa arti T di belakang angka ukuran gear? T sendiri adalah singkatan dari tooth atau bila diterjemahkan artinya adalah gigi.

 

Jadi jika ada gear ukuran 15T, maka kadang disebut gear tersebut memiliki 15 mata atau bisa juga gear tersebut memiliki 15 gigi.

 

Rasio Final Gear Scorpio

Untuk mengetahui angka rasio final gear, caranya cukup mudah yakni tinggal bagi ukuran gear belakang dengan ukuran gear depan.

 

Jadi jika ukuran gear-nya adalah 15/44, kita balikan saja posisinya jadi 44/15= 2.93.

 

Angka 2.93 tersebut menjadi angka rasio final gear standar dari Yamaha Scorpio.

 

Kenapa kita harus mengetahui angka rasio final gear standar bawaan motor kita? Jawabannya adalah untuk nantinya mengubah ukuran jika kita mau mengubahnya (jika tidak, ya tidak apa tidak tahu).

 

Acuan Mengubah Ukuran Gear

Ada bikers yang merasa kurang oke dengan tarikan motornya, salah satu langkah untuk mengakali tarikan yang kurang sesuai keinginan adalah dengan cara mengubah ukuran gear.

 

Kenapa ukuran gear diubah? Jelas untuk mengubah angka rasio final gear agar tarikan bisa sesuai dengan keinginan.

 

Adapun acuan mengubah ukuran gear berdasarkan rasio final gear-nya adalah sebagai berikut:

  • Turunkan rasio final gear agar motor lebih panjang nafasnya dan bisa mencapai top speed dengan lebih tinggi. Tapi ini akan membuat putaran bawah tenaganya turun. (Langkah untuk menurunkan rasio final gear adalah dengan menurunkan ukuran gear belakang atau menaikan ukuran gear depan).
  • Naikan rasio final gear agar motor lebih bertenaga di putaran bawah dan enak untuk tanjakan tetapi efeknya akan membuat nafas motor jadi lebih pendek. (Langkah untuk menaikan rasio final gear adalah dengan menurunkan ukuran gear depan atau menaikan ukuran gear belakang).

 

Btw, rasio final gear itu adalah gear depan dan gear belakang ya.

 

Ukuran Gear Scorpio Biar Enteng

Untuk membuat  Scorpio jadi enteng tarikannya dengan cara mengubah rasio final gear, maka kita bisa lakukan langkah:

  • Naikan ukuran gear belakang
  • Atau turunkan ukuran gear depan

 

Lakukan perubahan secara halus dan tidak secara radikal agar tarikan tetap nyaman. Misal yang awalnya ukuran 15/44, maka kita bisa gunakan ukuran:

  • 46/15=3.06
  • Atau 44/14= 3.14

 

Dengan ukuran gear 15/46 atau 14/44, maka Scorpio akan punya rasio final gear lebih besar dan tarikan bawah ke menengah atau akselerasinya akan jadi enteng.

 

Ukuran Gear Scorpio Biar Kenceng

Untuk kenceng di top speed atau putaran atas, maka kita bisa menggunakan langkah:

  • Turunkan ukuran gear belakang
  • Atau naikan ukuran gear depan

 

Dengan contohnya adalah sebagai berikut:

  • 42/15= 2.8
  • 44/16= 2.75

 

Dengan angka tersebut, maka Scorpio akan jadi lebih bernafas panjang dan cocok untuk mengejar top speed. Namun kekurangannya adalah motor bisa kurang bertenaga di putaran bawah.

 

Tips Mengganti Ukuran Gear Scorpio

Sebaiknya lakukan beberapa tips di bawah ini, yakni:

  • Ganti gear secara satu set meski hanya ganti rantai, ini bertujuan agar gear dan rantai jadi lebih awet dan mata gear dan mata rantai bisa cocok
  • Lakukan perubahan ukuran secara perlahan atau kecil saja. Perubahan yang terlalu besar bisa membuat motor jadi tidak enak tarikannya
  • Gunakan gear dan rantai yang ketebalannya sama. Misal gunakan yang gear dan rantai yang sama-sama berketebalan 428

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....