Susunan Kabel Lampu Depan Vixion Old dan Artinya

Susunan kabel lampu depan Vixion old dan artinya sering ditanyakan oleh pengguna Vixion lawas. Salah satu alasannya adalah guna kepentingan dalam memperbaiki atau pun memodifikasi bagian lampu depan atau lampu kepala.

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai arti kabel lampu depan Vixion Old.

 

Sejak pertama kali dirilis pada tahun 2007, tidak terasa Vixion sudah menempuh sejarah panjang di Indonesia.

 

Motor injeksi “pertama” dari Yamaha Motor Company ini memiliki penjualan yang terbilang laris-manis di awal kemunculannya.

 

Hadir dengan generasi pertama yang menggunakan headlamp bulat, Vixion menjadi penggangu tidur nyenyak dari Honda MegaPro yang kala itu menjadi pemimpin pasar segmen motor sport naked entry level 150 cc.

 

Generasi kedua dari Vixion, basic-nya masih sama dengan yang generasi pertama, hanya saja headlamp-nya sudah lebih agresif dan tidak benar-benar bulat.

 

Sedangkan generasi ketiganya adalah Vixion Lightning yang sangat ikonik dan diteruskan oleh generasi keempat yakni Vixion Advance.

 

Setelah Vixion Advance, muncul All New Vixion yang ditandemkan dengan varian high end dari Vixon seires yakni Vixion R yang punya performa “turunan” dari R15.

 

Arti Susunan Kabel Lampu Depan Vixion Old

Disclaimer: Sebelum membahas lebih jauh, kita berikan disclaimer terlebih dahulu jika di varian tertentu atau di motor yang sudah dimodif bagian lampu depannya, mungkin warna lampu ini acuannya akan sedikit berbeda.

 

Bicara mengenai arti susunan kabel lampu depan Vixion old, berikut kami uraikan di bawah ini:

  • Kabel berwarna hitam adalah kabel untuk kutub negatif atau grounding
  • Kabel berwarna kuning adalah kabel untuk lampu jarak jauh serta indikatornya
  • Kabel berwarna hijau adalah kabel untuk lampu dekat
  • Kabel berwarna biru adalah kabel untuk lampu senja

 

Efek Salah Memasang Kabel Vixion

Dampak atau efek salah memasang kabel Vixion salah satunya adalah bisa membuat kelistrikan error hingga terjadinya mati total pada sistem kelistrikan.

 

Ha yang perlu diwanti-wanti adalah untuk tidak salah memasang kabel positif (kabel untuk lampu dekat, jauh, hingga senja adalah bagian positif) dengan kabel negatif.

 

Sebab jika itu terjadi, maka efeknya bisa seperti:

  • Kabel menjadi panas
  • Lampu putus
  • Kabel terbakar
  • Sekring atau fuse terbakar atau putus dan membuat sistem kelistrikan mati total

 

Cara Menentukan Kabel Negatif dan Positif

Susunan Kabel Lampu Depan Vixion Old dan Artinya

Selain dari pada dengan mengenali suatu kabel dari warnanya, kita juga bisa menggunakan TESPEN DC untuk menentukan kabel positif dan negatifnya.

 

Caranya bagaimana? Caranya adalah mejepitkan bagian capit TESPEN DC pada grounding (misal rangka) dan nyalakan motor, lalu bagian TESPEN sentuhkan pada kabel-kabel.

 

Jika saat capit ada di grounding dan lampu tespen DC menyala saat menyentuh kabel, maka itu artinya kabel tersebut mengaliri arus positif.

 

Ini juga berlaku secara terbalik, misal kita capitkan bagian capit tespen ke kabel positif, lalu kita sentuh bagian kabel yang diduga negatif atau grounding dengan ujung tespen.

 

Jika menyala, maka itu adalah kabel negatif atau bagian dari grounding.

 

INGAT, nyalanya lampu pada tespen DC ini hanya berlaku jika kabel teraliri arus listrik.

 

Sedangkan bagian lampu depan, biasanya akan teraliri listrik jika kunci kontak sudah dalam posisi menyala.

 

Jika masih kurang yakin, sebaiknya serahkan pengerjaan ini pada teknisi atau mekanik motor di bengkel terdekat dan terpercaya.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....