Bismillah Before The Ride Artinya Adalah Apa?

Bismillah before the ride adalah salah satu ucapan yang menggabungkan bahasa Arab serta bahasa Inggris. Ini biasanya diucapkan dalam keadaan tertentu.

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai Bismillah before the ride.

 

Dalam bermedia sosial atau dalam kehidupan sehari-hari, kerap kali kita melihat atau mendengar kosa-kata baru yang belum kita ketahui artinya.

 

Salah satunya apa yang hendak kita bahas dalam artikel ini, sebab apa yang hendak kita bahas ini adalah gabungan dari bahasa asing yakni bahasa Arab dan bahasa Inggris.

 

Lalu, bagaimana dengan artinya?

 

Arti Bismillah Before The Ride

Bismillah before the ride artinya adalah dengan menyebut nama Allah sebelum berkendara/ perjalanan  (biasanya berkendara menggunakan sepeda hingga sepeda motor).

 

Kata Bismillah sendiri merupakan salah satu kata dalam bahasa Arab, lebih tepatnya terdapat pada kitab Suci Al-Qur’an.

 

Nama lain dari Bismillah adalah Basmalah yang mana kata ini kerap muncul di awalan surat di Al-Qur’an kecuali di Surat At-Taubah.

 

Kalimat lengkap dari Basmalah adalah Bismillahirrahmaanirrahiim yang artinya adalah Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

 

Maksud Kalimat Bismillah Before The Ride

Mungkin ada yang penasaran, apa maksud dari kata atau kalimat yang satu ini. Jadi bagi penganut Agama Islam, ada baiknya selalu menyebut nama Allah atau mengucapkan Bismillah sebelum melakukan sesuatu.

 

Meminta perlindungan ini dimaksudkan untuk diberi kelancaran, keselamatan, hingga keberkahan ketika hendak melakukan aktivitas, terlebih yang cukup berbahaya seperti melakukan perjalanan di jalan raya.

 

Di Indonesia, salah satu perenggut nyawa yang cukup banyak adalah jalan raya, sebab sering terjadi kecelakaan lalu lintas yang berujung pada kematian.

 

Dengan kata Bismillah before the ride ini, dimaksudkan agar diberi kemudahan hingga keselamatan dalam perjalanan.

 

Maksud Ride

Ride bila diterjemahkan akan dimaknai sebagai perjalanan, mengendarai, hingga menaiki atau menunggangi.


Ride ini lebih condong ke menaiki atau menunggangi kendaraan seperti sepeda, motor, hingga binatang seperti kuda.


Untuk mobil, biasanya kata yang digunakan adalah drive dan bukan ride.


Doa Bepergian

Berikut ada beberapa doa bagi Umat Islam sebelum bepergian atau keluar rumah:

1. Latin:

Bismillah Before The Ride Artinya Adalah Apa?

“Bismillaahi, tawakkaltu ‘alallaahi laa haula wa laa quwwata illaa billaah”

Terjemah:

“Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku kepada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain Allah”.

 

2. Latin:

Bismillah Before The Ride Artinya Adalah Apa?

“Subhaanalladzii sakhkhara lanaa hadzaa wamaa kunnaa lahuu muqriniin, wa innaa ilaa rabbinaa lamunqolibuun.”

Terjemah:

“Maha Suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami (di hari kiamat).”

 

3. Latin:

Bismillah Before The Ride Artinya Adalah Apa?

“Bismillah , al’hamdulillah . Sub’haanalladzii sakhoro lanaa hadzaa wa maa kunnaa lahu muqriniin. Wa innaa ila rabbinaa lamunngqolibuun… al’hamdulillaah, al’hamdulillaah, al’hamdulillaah, allaahuakbar, allaahuakbar, allaahuakbar.. Sub’haanakallaahumma innii dzholamtu nafsii faghfirlii, fa innahu laa yaghfirudz dzunuuba illaa annta”

Terjemah:

“Dengan menyebut nama Allah, segala puji bagi Allah, Maha Suci Tuhan yang menundukkan kendaraan ini untuk kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami. Segala puji bagi Allah, Segala puji bagi Allah, Segala puji bagi Allah, Maha besar Engkau ya Allah, Maha besar Engkau ya Allah, Maha besar Engkau ya Allah… Sesungguhnya aku telah menganiaya diriku, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.”

 

4. Latin:

Bismillah Before The Ride Artinya Adalah Apa?


“Subhaanalladzii sakkhara lanaa hadza wama kunna lahu muqriniin wa-inna ilaa rabbina lamunqalibuun.”

Terjemah:

"Maha suci Allah yang telah menundukkan untuk kami (kendaraan) ini. padahal sebelumnya kami tidak mampu untuk menguasainya, dan hanya kepada-Mu lah kami akan kembali. "

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....