Berapa Km Ganti Filter Udara Nmax 155? Ini Anjuran Manual Book

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai berapa Km ganti filter udara Nmax 155 berdasarkan manual book atau buku pedoman pengguna?

 

Hayo, siapa yang punya Yamaha Nmax 155? Jika kalian adalah pengguna Yamaha Nmax 155, sebaiknya tidak hanya asal pakai saja.

 

Ada kalanya Yamaha Nmax 155 ini harus dimanjakan dengan diservice hingga diganti beberapa part atau onderdilnya.

 

Untuk apa? Ya untuk performa maksimal dari motor metik kesayangan kita ini. Kalau gak dirawat dan sampai mogok di jalan, kita juga yang repot bukan?

 

Oleh karenanya, sebaiknya lakukan service rutin dan mengganti onderdil jika diperlukan.

Nah salah satu onderdil yang biasanya sering tidak disadari harus diganti atau dibersihkan adalah filter udara.

 

Komponen yang satu ini memang tidak mudah terlihat, oleh karenanya tidak heran jika sebagian orang akan kebingungan ketika mencari komponen ini.

 

Tetapi yang jelas, komponen ini harus dibersihkan dan diganti jika sudah waktunya.

 

Berapa Km Ganti Filter Udara Nmax 155?

Berdasarkan manual book, ganti filter udara Nmax 155 harus dilakukan setiap interval 18.000 Km sekali dengan tiap 1000 Km harus dibersihkan agar performanya tetap optimal.

 

Perhatikan untuk tidak membersihkan filter udara dengan udara bertekanan tinggi, apalagi dengan semprotan air bertekanan tinggi.

 

Baca Juga6 Efek Ganti Filter Udara Motor Apa Saja?

 

Tips Merawat Filter Udara Nmax Berdasarkan Manual Book

Filter udara mesin dan filter udara V-belt:

  • Filter udara engine model ini dilengkapi dengan elemen kertas berlapis oli sekali pakai, yang tidak boleh dibersihkan dengan udara bertekanan untuk menghindari kerusakan.
  • Elemen filter udara mesin perlu diganti dan elemen filter udara V-belt perlu diservis lebih sering saat berkendara di area yang sangat basah atau berdebu.

 

Atas tips di atas, masa pakai 18.000 Km sekali BISA GUGUR jika kondisi jalan yang dilalui sangat berdebu atau sangat basah (banjir).

 

Jadi jika kita melewati jalanan yang seperti deskripsi di atas, maka kita harus lebih sering membersihkan atau mengganti filter udara, terlebih jika filter atau saringan udara sudah nampak mengalami kerusakan.

 

Di Mana Filter Udara Nmax?

Di mana posisi filter udara Nmax 155? Jawabannya ada di dalam box di atas CVT atau berada di area sebelah kanan belakang sepeda motor.

 

Simak gambarnya di bawah ini:

 

Berapa Km Ganti Filter Udara Nmax 155? Ini Anjuran Manual Book

Karena letaknya yang cenderung di bawah, maka pastikan kita tidak terlalu sering menerobos banjir, sebab bisa membuat filter udara jadi lebih sering rusak.

 

Tetapi jika sering menerobos banjir, bukan hanya filter udara saja yang akan rusak, sebab komponen lain juga akan mudah rusak, misal busi hingga injektor (jika terbukti benar terkena genangan banjir).

 

Efek Melepas Filter Udara

Dalam keseharian kita, kerap ditemukan kalangan bikers yang mencopot filter udara atau open filter demi tujuan tarikan yang lebih enteng atau plong.

 

Tetapi perlu disadari jika efek plong tersebut hanya sementara, sebab lambat laun mesin akan mengalami degradasi performa yang signifikan.

 

Terlebih jika sering melewati jalanan berdebu, efeknya bisa membuat ruang bakar mudah tergores hingga mengalami kebocoran.

 

Jika sudah begini, tentu efek kerusakan bisa sangat besar dan perbaikan yang dilakukan akan mengeluarkan biaya yang lebih besar.

 

Jadi sebaiknya pasang dan ganti filter udara jika diperlukan. Ingat, open filter biasanya dilakukan hanya untuk tujuan balapan saja, sedangkan untuk harian sangat tidak dianjurkan.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....