★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Arti Open Filter Pada Motor



Arti Open Filter Pada Motor

Assalamu'alaikum. Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai arti open filter pada motor.


Sob, di hari kedua Ramadhan 1441 Hijriah ini, kami tengah mondar-mandir  ke rumah sakit di kisaran Padalarang Bandung Barat.

Oleh karenanya, kami sedikit sibuk. Tetapi karena website atau blog sepeda motor ini harus tetap hidup, makanya kami rasa kami harus tetap up to date kendati saat ini kami tidak tengah mengetik melalui deskop kami.

Pada artikel yang kami tulis melalui handphone seluler ini, kami akan membahas mengenai arti atau maksud dari open filter pada sepeda motor.

Bagi kalian yang sering mendengar kalimat open filter, tentu akan sedikit penasaran bukan tentang apa artinya? terlebih bagi kalian yang tidak tahu sama sekali soal arti dan maksud dari open filter.

Open filter merupakan dua buah kata dari Bahasa Inggris yakni jika kita terjemahkan pada Bahasa Indonesia, artinya adalah buka saringan (open=buka dan filter=saringan).

Pada motor sendiri terdapat cukup banyak filter arau saringan. Mulai dari saringan oli, saringan bensin, hingga saringan udara.

Lalu saringan atau filter mana yang dimaksudkan dalam istilan open filter??

Sebetulnya semuanya punya maksud yang sama hehe, jadi ketika semua saringan yang kita sebutkan di atas dibuka, maka namanya adalah open filter.

Namun untuk istilah yang sedang kita bahas, open filter lebih merujuk pada membuka atau melepas saringan udara.

Saringan udara ini berfungsi untuk menyaring udara kotor sehingga diusahakan untuk tidak masuk pada karbu/ injektor hingga ruang bakar.

Fungsi filter udara ini memang sungguh mulia, namun filter udara ini disinyalir membuat akselerasi motor jadi sedikit berkurang.

Oleh karenanya, banyak dari kalangan bikers yang lebih memilih untuk membuka filter udara atau open filter.

Perlu diingat sob, memang membuka filter atau open filter ini memiliki sisi positif yakni membuat akselerasi motor lebih plong, tetapi ada efek negatifnya juga.

Efek negatifnya adalah rasa plong pada akselerasi motor hanya berlaku sesaat. Setelah saatnya tiba, kemungkinan karbu/ injektor/ ruang bakar akan kotor dan membuat akselerasi motor bermasalah.

Jadi sebenarnya open filter ini membuat kami teringat dengan salah satu dialog pada scene kartun Cars 1 yakni "keuntungan jangka pendek, kerugian jangka panjang".

Ya karena kurang lebih begitulah deskripsinya. Ketika kita open filter udara, maka sama dengan kita memberikan peluang karbu/ ijektor/ ruang bakar menjadi lebih cepat kotor.

Jika kita rajin membersihkan karbu/ injektor/ ruang bakar sih tidak masalah. Yang jadi masalah adalah ketika kita memperlakukan perawatan  motor yang sudah open filter seperti merawat motor yang tidak open filter.

Oh iya, dampak lain dari open filter adalah suara knalpot jadi lebih ngebass, selain itu, suara pada area saringan udara pun cenderung lebih berisik.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu'alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript